Lomba Video Badko TPQ Temanggung, ini Juaranya

0
189
Para juara Lomba Video Badko TPQ Temanggung foto bersama

TEMANGGUNG, Suaranahdliyin.com – Gebyar Muharram 1442 H yang diselenggarakkan Badko TPQ Kabupaten Temanggung dilaksanakan pada Kamis (17/09/2020) di Pendapa Pengayoman, Kabupaten Temanggung. Acara dhadiri di antaranya oleh perwakilan Pemkab Temanggung, jajaran Kemenag Temanggung beserta seluruh perwakilan guru TPQ dari 20 kecamatan yang ada di Temanggung.

Ada tiga rangkaian acara yang berlangsung yaitu, peringatan Muharram yang tepat pada hari ini adalah yang 1001 kali khatmil Quran.

Kedua, lomba video inovasi pembelajaran ustaz/ ustazah dan kreasi santri TPQ yang diikuti masing-masing kecamatan secara virtual. Ini sebagai wujud transformasi dari kehidupan kebiasaan, yang merupakan tuntutan zaman untuk memanfaatkan teknologi dan informasi.

Ketiga, peluncuran buku panduan ajar bagi TPQ, yang akan digunakan oleh TPQ di kabupaten Temanggung sebagai acuan pembelajaran. Hal itu dilakukan sebagai upaya menanggulangi materi pembelajaran yang tidak sesuai dengan ajaran Islam moderat.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Temanggung, KH.Ahmad Mukhdzir S.Ag., MM., mengatakan, wujud dari khatmil Quran adalah upaya untuk membumikan al-Quran di Temanggung.

“Badko TPQ sebagai wadah untuk membumikan al-Quran serta karakter insani, merupakan warisan dari para leluhur sejak abad XI. Oleh karena itu, Badko TPQ terus berusaha untuk meneruskan perjuangan para ulama itu,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, diumumkan pula peraih juara Lomba Video Inovasi Pembelajaran Ustaz/ Ustazah dan Video Kreasi Santri.

Menurut koordinator juri, Hamidulloh Ibda, bersama Faiz Syauqi dan Luluk Ifadah, bahwa sesuai hasil penilaian, ditetapkan juara kategori inovasi pembelajaran ustaz/ustazah Juara I Dahroni (Badko TPQ Jumo, nilai: 246); Juara II Kun Khayati (Badko TPQ Gemawang, nilai: 241); Juara III Hanif Fakhiratul Muna (Badko TPQ Bansari, nilai: 237).

Kategori kreasi santri Juara I Dina Aulia Noviyanti (Badko TPQ Tembarak, nilai: 238); Juara II Nida Aulia Ramadhani (Badko TPQ Ngadirejo, nilai: 237); Juara III Rifqi Umayah (Badko TPQ Bansari, nilai: 233).

Ketua Badko TPQ Kabupaten Temanggung, H. Mahsun M.S.I, menyampaikan, semua juara mendapat uang pembinaan, tropi, dan sertifikat. “Semua peserta yang memenuhi syarat akan mendapat sertifikat dan uang ganti pembuatan video,” katanya. (rls/ ibd, ros, adb)

Comments