Digelar Sederhana
Haul KH. Ahmad Fakhrurrozi, Pendiri Madrasah Perempuan Pertama di Pati

0
367
Makam KH. Ahmad Fakhrurrozi

PATI, Suaranahdliyin.com – Pada Rabu (16/9/2020) kemarin, keluarga besar Madrasah PGIP Hadiwijaya, Kajen, Pati menziarahi makam K.H. Ahmad Fakhrurrozi, pendiri madrasah, dalam rangka Haul salah satu keturunan KH. Ahmad Mutamakkin (Mbah Mutamakkin), Kajen.

Dikutip dari akun Facebook Madrasah PGIP Kajen, disebutkan, K.H. Ahmad Fakhrurrozi merupakan salah satu tokoh yang peduli terhadap pendidikan kaum perempuan di Kajen.

Ditemani istrinya, Nyai Rusmiyati, keturuna ke tujuh Mbah Mutamakkin itu berhasil mendirikan madrasah putri pertama di Kajen, Margoyoso, Pati. Madrasah itu diberi nama Madrasah Islamiyyah Banat Kajen.

KH. Fakhrurrozi dikenal oleh masyarakat dengan segudang keramahan. Kepada siapapun dan di manapun, kiai dapat membaur, tanpa pilih – pilih. Lantaran kesantunannya, hingga masyarakat ‘abangan’ pun dapat menerima.

Berbagai tempat yang dinilai masih enggan dengan nilai – nilai islami, disentuh olehnya. Salah satunya, yang masih terekam oleh masyarakat yaitu berdirinya tempat ibadah di daerah sekarjalak, yang dulunya merupakan tempat masyarakat abangan.

Keluarga besar Madrasah PGIP Hadiwijaya, Kajen, berziarah di makam pendiri madrasah

Dalam perjalanannya, di masa perjuangan kemerdekaan Indonesia, Madrasah Islamiyyah Banat Kajen sempat tutup karena perusakan oleh Belanda. Namun setelah merdeka, madrasah perempuan pertama di Pati itu kembali dibuka, kendati saat Agresi Militer Belanda II, juga kembali madrasah harus tutup.

Dan Madrasah Islamiyah Banat (MIB) yang didirikan oleh KH. Ahmad Fakhrurrozi, adalah embrio keberadaan Madrasah PGIP Hadiwijaya, Kajen, kini. (fauzan/ ros, adb, gie, udin)

Comments