Kunjungi PP Al-Anwar 3 Sarang, LPBI NU Trangkil Pati Belajar Pengelolaan Sampah

0
1038
Rombongan LPBI NU Trangkil Pati di PP Al-Anwar 3 Sarang Rembang

PATI, Suaranahdliyin.comLembaga Penanggulangan bencana dan perubahan iklim. Nahdlatul Ulama (LPBINU) Kecamatan Trangkil Pati melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren Al-Anwar 3 Sarang Rembang, Sabtu (25/5/2024). Mereka melihat pengelolaan sampah di Pusat Pengelolaan Sampah (PPS) PP. Al-Anwar 3 Sarang Rembang.

Menurut sekretaris LPBI NU Trangkil Syamsul Huda, kedatangan ke PP Al-Anwar berawal adanya keprihatinan MWC NU Trangkil terhadap masalah sampah yang berserakan di area Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Jln. Juwana-Tayu Km. 10 di Desa Tlutup Kecamatan Trangkil. TPS yang berada di pinggir jalan raya di bawah jembatan Desa Tlutup seringkali warga membuang sampah tidak pada tempatnya sehingga sampah sering berserakan dan menggunung.

“Karenanya kami ke PP Al-Anwar 3 ingin sinau cara pengelolaan sampah yang baik,”ujarnya.

Ketika melihat secara langsung di PPS PP. Al-Anwar 3, terang Syamsul, ada beberapa cara yang dilakukan dalam pengelolaan sampah. Pertama pengolahan sampah un-organik yang dibakar dan diolah menjadi paving sehingga dapat bermanfaat.

“Yang kedua sampah organik yang dikelola dijadikan magoot. magoot fungsinya adalah untuk pakan ternak yang tinggi protein.”jelas Syamsul Huda.

Sekretaris Tanfidziyah MWCNU Trangkil Irham Shodiq yang turut mendampingi menjelaskan, dengan adanya kegiatan belajar pengelolaan sampah yang baik ini bisa diterapkan di TPS Santri Bumi Telon yang bertempat di Jln. Juwana -Tayu Km 10 ini secara efektif dan efisien.

“Selama ini  LPBI NU Trangkil dan GP Ansor bersama Banser Satkoryon Trangkil beberapa kali giat membersihkan sampah yang berserakan dan membuang sampah yang lokasinya di tempat pembuangan dan hanya membakar sampah yang menggunung belum sampai pada pengelolaan seperti di PP Al-Anwar.”tuturnya.

Turut menyertai rombongan, Rais Syuriah MWC NU Kecamatan Trangkil, KH. Badruddin Syatibi,Sekretaris MWC NU Trangkil Irham Shadiq dan perwakilan satkoryon Banser Trangkil (Fikrul Umam/adb)

Comments