Jelang Lebaran, Pesanan Jenang Kudus Meningkat Hingga Tiga Kali Lipat

0
457
Museum Jenang Kudus Mubarok Food ramai pembelii

KUDUS,Suaranahdliyin.com – Permintaan pesanan jenang di Mubarok Food meningkat hingga tiga kali lipat mendekati lebaran. Momentum hari raya Idul Fitri ini turut membawa berkah bagi para pelaku usaha tak terkecuali Mubarok Food.

Manajer Marketing Jenang Mubarok, Muhammad Kirom memaklumi adanya lonjakan permintaan jenang sehingga perusahaannya menaikkan produksi oleh-oleh khas Kudus itu. Apalagi, ia menilai musim lebaran tahun ini lebih meriah dibanding dua tahun terakhir yang sempat terjadi Covid-19 di Indonesia.

Kirom mengatakan bahwa jenang sudah menjadi buah tangan yang biasa dibawakan para pemudik ketika pulang kampung atau arus balik terutama bagi masyarakat Kudus dan sekitarnya. Menyambut lebaran tahun ini, pihaknya pun mempersiapkan jauh-jauh hari sebelum lebaran.

”Jenang kami tentu sudah identik dengan musim lebaran seperti ini, apalagi tahun ini pasti mobilitasnya lebih tinggi sehingg cukup potensial bagi pelaku usaha seperti kami,” kata Kirom ditemui di kantornya, Senin (17/04/2023).

Mulai dari bahan baku, alat kemas hingga tenaga kerja sudah ia persiapkan sejak awal-awal. Selain untuk menyambut lebaran, hal itu juga ia antisipasi jika terjadi kekosongan atau kekurangan bahan baku.

”Sudah kami persiapkan dan prediksi sejak awal tahun kemarin,” kata dia.

Pihaknya pun menyebutkan, dalam sehari Mubarok Food memproduksi tiga hingga empat ton jenang ketika mendekati musim lebaran. Dibandingkan hari-hari biasa, dia menyebut bahan baku yang dibutuhkan terbilang tiga kali lipat.

Jumlah produksi yang ditingkatkan itu, kata Kirom, akan didistribusikan ke berbagai elemen yang ia pasarkan, seperti lewat sales atau ditempatkan di showroom. Dirinya optimis penjualan jenang di musim lebaran ini akan meningkat.

”Lebaran kali ini ada peluang yang bagus untuk menjaring pembeli lebih ramai dibanding tahun-tahun sebelumnya,” ucap Kirom.

Kirom berharap, hadirnya momentum lebaran pasca pandemi tahun ini menjadi angin segar dan sinyal positif bagi para pelaku usaha dan UMKM. Pelaku usaha kembali hidup dan dapat menaikkan bisnisnya sesuai target yang ingin dicapai.

”Kami ikut merayakan momentum lebaran tahun ini sehingga bisa mendulang keberkahannya juga, sebab situasi dan kondisi sudah stabil dan kondusif,” pungkasnya.(sim/adb)

Comments