Hari ini, MWCNU Bayat Klaten Peringati Haul Agung Sunan Pandanaran

0
1124
Makam Sunan Pandanaran

KLATEN, Suaranahdliyin.com – Senin hari. ini (4/3/2024), Majelis Wakil Cabang Nahdlatul.Ulama (MWCNU) kecamatan Bayat Klaten memeringati Haul Agung Sunan Pandanaran.Haul yang bertempat di pendopo area parkir.makam Pandanaran Paseban Bayat ini bertema Merawat Jagad Membangun Peradaban.

Menurut ketua panitia Sukino, pelakaanaan Haul Agung Sunan Pandanaran setiap bulan Ruwah.(Sya’ban) yang merupakan bulannya ziarah kubur bagi masyarakat muslim Jawa.

“Haul tahun ini menghadirkan gus Zaman Asekhal dan Habib Mashud Alwi al-Hasny.bersma Grup Sholawat Gandrung Nabi dari Purwodadi Grobogan.”terangnya.

Terkait tema Haul, Sukino menjelaskan disesuaikan dengan tema 1 abad Nahdlatul Ulama. Karena, ajaran Sunan Pandanaran dan Bhumi Tembayat selalu berperan aktif dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Salah satunya bisa dilihat ada sanad keilmuwan Hadlatussyaikh KH Hasyim Asyari berupa Kitab Adabul Alim wa Muta’allim yang diruntut ke atas sampai ke pada Sunan Pandanaran yakni Serat Nitibrata,”ungkapnya.

Rangkaian peringatan Haul dimulai Senin sore pukul 16.00 WIB di Masjid Agung Sunan Pandanaran Golo Paseban dengan acara muqoddaman Al Quran dan malamnya pengajian Akbar.

Pengajian Akbar akan diawali dengan Dzikir Tahlil oleh Kyai Mafthukin, dilanjutkan Manaqib Sunan Pandanaran yang akan oleh Gus Tino Suharjo. Sedangkan pembacaan Maulid Nabi Muhammad oleh Al Habib Mashud Alwi Al Hasny Al Hasani, selaku Rois Syuriah MWC NU Bayat bersama Gus Zaman Asekhal dari Gandrung Nabi.(Minardi/adb)

Comments