GP Ansor Japan Kembangkan Usaha Kopi Bubuk

0
1774
Kopi Sorban Raja (Ansor Banser Japan)

KUDUS,Suaranahdliyin.com – Upaya membangun organisasi mandiri mulai diwujudkan pengurus Pimpinan Ranting GP Ansor desa Japan Kecamatan Dawe Kudus. Saat ini, mereka mengembangkan usaha kopi bubuk merk Sorban Raja.

Ketua PR GP Ansor Japan Muhammad Yasin mengatakan usaha kopi bubuk ini merupakan ikhtiar agar organisasi bisa mandiri tanpa bergantung pada iuran anggota maupun sumbangan orang lain. Melalui rapat rutin Ansor disepakati membuka usaha yang memberi penghasilan rutin kepada orgnisasi sekaligus untuk pemberdayaan ekonomi anggota dan warga setempat.

“Melihat potensi desa Japan-muria ada penghasil kopi yang besar dan kwalitas kopinya sangat bagus maka lahir ide serta  kesepakatan memproduksi bubuk kopi.”ujarnya kepada Suaranahdliyin.com, Senin (3/09/2018).

Yasin menjelaskan modal awal usaha produksi kopi Sorban Raja ini menggunakan dana 1juta dari kas organisasi Rp 500 ribu dan pinjaman pengurus 500 ribu. Hingga kini baru bisa memproduksi 30 kg/minggu.

“Program rintisan usaha mandiri ini baru berjalan satu bulan dan dikerjakan 7 orang yang memproduksi,”tuturnya.

Ia menambahkan kopi bubuk khas Japan Muria ini dikemas ukuran 200 gram berbandrol harga ecer Rp 16.000/bungkus. Mengenai pemasarannya, baru menjangkau wilayah kecamatan Dawe Kudus.

Alhamdulillah, penjualannya lumayan laris. Banyak yang suka Kopi Muria ini karena lebih nikmat rasanya dibanding daerah lain.”ujarnya.

Kopi  Ansor Banser Ranting Japan (Sorban Raja) ini berencana didaftarkan pada dinas pemerintahan terkait. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan legalitas produksi guna memacu pengembangan.

“Melalui usaha ini, semoga mampu membantu mengangkat roda perekonomian warga di Japan. Ansor bisa mandiri tidak minta –minta sumbangan bahkan menciptakan lapangan kerja,”harap Yasin.(adb/ros)

Comments