Gelar Parenting Education, KB. Al-Azhar Hadirkan Dosen UMK

0
389

KUDUS, Suaranahdliyin.com – KB. Al-Azhar Jekulo Kudus menggelar ‘’Parenting Education’’ yang diikuti sekitar 120 wali murid, Sabtu (11/11/2017). Kegiatan itu dilangsungkan di ruang pertemuan Mountain View Residence (MVR) Kudus.

Parenting Education tersebut menghadirkan dosen Program Studi Bimbingan dan Konseling (Prodi BK), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muria Kudus (UMK), Drs. Susilo Rahardjo M.Pd. Kons sebagai narasumber.

Membawakan materi dengan tema ‘’Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Anak’’, Susilo Rahardjo, mengemukakan, parenting education maknanya pendidikan kepada orang tua yang berkaitan dengan teknik mengasuh, mendidik, dan membimbing anak agar dapat berkembang sesuai dengan yang diinginkan.

‘’Dalam konteks Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), parenting education dilandasi dengan pentingnya keterhubungan keluarga dengan lembaga pendidikan dan termasuk dalam hal ini peran keluarga dalam kepentingan anak,’’ ujarnya.

Tujuan parenting, yaitu untuk meningkatkan kesadaran orang tua terhadap pendidikan anak, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orang tua dalam melaksanakan perawatan, serta mempertemukan kepentingan dan keinginan pihak keluarga dan sekolah.

‘’Mengenai tahapan-tahapannya, antara lain melakukan identifikasi kebutuhan orang tua, menyusun program, mengidentifikasi potensi mitra dan pendukung, melaksanakan program sesuai agenda, serta melakukan evaluasi dan kesempatan bersama,’’ jelasnya.

Bagi Susilo Rahardjo, peran orang tua bagi pendidikan anak sangatlah penting, mengingat posisi orang tua sebagai pengajar yang mengajarkan berbagai hal kepada anaknya dan sebagai teladan bagi anaknya dalam konteks pendidikan budi pekerti. ‘’Inilah hakikat pendidikan dalam keluarga,’’ tegasnya. (luh/ ros)

 

 

Comments