Diawali Khataman, Menteri Agama Buka Festival Al-Qur’an

0
1862

KUDUS,Suaranahdliyin.com – Menteri Agama H.. Lukman Hakim Saifudin membuka secara resmi  Festival Al Qur’an di Lapangan Qudsiyah Jl. KHR Asnawi Kudus, Sabtu (5/5/2018). Dalam Kegiatan yang digagas Ikatan Alumni Qudsiyyah (IKAQ) Kudus bekerjasama dengan Kemenag RI dan Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah ini, Menag menabuh jidur menandai acara yang bakal diadakan hingga  10 Mei mendatang.

Sebelumnya pada Jum’at malam (4/5/2018), Festival sudah diawali dengan khatmil Qur’an kolosal 102 kali khataman. Melibatkan lebih dari tujuh santri dan alumni Qudsiyyah, acara khataman yang digelar di komplek makam Sunan Kudus pada Jumu’ah malam (4/5/2018) ini berlangsung khidmah.

Dengan berseragam pakaian khas Kudusan tempo dulu, bersarung batik, memakai baju koko putih dan beriket kepala, ratusan peserta secara khusus mengkhatamkan al Qur’an dengan dibagi masing-masiang kelompok. 102 kali khataman, dipilih karena event ini sekaligus berbarengan dengan ulang tahun lembaga pendidikan Qudsiyyah Kudus, yang tahun ini berusia 102 tahun.

Lokasi pelaksanaan khataman, juga dipilih di lokasi pusara pendiri Qudsiyyah, yakni di makbaroh KHR Asnawi Kudus, yang berada di komplek makam Sunan Kudus. Sekitar tiga jam para santri dan alumnus tersebut mengkhatamkan kitab suci tersebut.

Ketua panitia, sekaligus Ketua Umum IKAQ, H. Ihsan menyatakan, khataman ini merupakan kegiatan rutin yang digelar selama tiga tahun terakhir. “Pertama kali kita gelar event khataman seperti ini tepat pada saat peringatan Qudsiyyah Satu Abad. Kali ini event Festival Al Qur’an ini kita awali dengan khataman 102 kali,” kata dia.

Ihsan menambahkan, dalam khataman 102 kali ini, panitia juga telah menyiapkan ingkung sebanyak 102 ekor untuk para peserta. “Ingkung dengan bumbu opor ayam ini, konon salah satu makanan kegemaran Sunan Kudus, maka kita ngalap berkah dengan ingkung pada moment khataman ini,” terang pria yang juga dosen IAIN Kudus ini.

Kegiatan Festival al Qur’an, Pamaren Khazanah Islam Nusantara dan Parade Benteng Pancasila dengan tajuk  “Menguduskan Qur’an, Menebar Kedamaian” ini berlangsung selama satu pekan dan berpusat di lapangan Qudsiyyah, di Jl KHR Asnawi Kudus.

Berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan antara lain Pameran Sejarah Al Qur’an  & Khazanah Islam Nusantara, Pameran Kaligrafi, Pameran Turats Ulama Nusantara, Pameran Jateng Benteng Pancasila. Selaian event utama tersebut, beberapa kegiatan pendukung antara lain, Festival Tilawah,  Nyerat Al Qur’an bersama 999 santri, dan Olimpiade Sains Al Qur’an.

Seminar dan halaqah juga dilaksanakan dalam mendukung acara tersebut, antara lain Halaqah Majelis Gusjigang, Seminar Nasional Mushaf Standar Indonesia, Seminar Revitalisasi Nilai-Nilai Pancasila, Sarasehan Peningkatan Etika Budaya Politik dan Seminar Jateng Melawan Narkoba.

Sementara kegiatan hiburan yang akan mewarnai event ini dalam event sepekan ini, antara lain ngontel bareng dengan tema “Islam Nusantara Benteng Pancasila”, parade seribu terbang, konser 21 tahuan Almubarok Qudsiyyah, dan Ngaji Bareng bersama Sabrang Noe Letto. Kegiatan ini bakal ditutup dengan Launching Majelis Gusjingan IKAQ dengan menggelar pengajian umum. (adb)

Comments