Bela Negara Kewajiban Semua Anak Bangsa

0
316
H. Subarkah

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Membela Negara adalah kewajiban setiap anak bangsa atau warga negara. Semuanya wajib ikut serta dan berperan serta dalam menjaga keutuhan Negara Republik Indonesia (NRI).

Hal itu disampaikan Wakil Ketua PCNU Kabupaten Kudus, H. Subarkah kepada Suaranahdliyin.com, Selasa (19/12/2017), bertepatan dengan peringatan Hari Bela Negara. ‘’Membela negara adalah kewajiban bersama setiap warga negara ini,’’ tegasnya.

Dia menyampaikan, bahwa para kiai-kiai Nahdlatul Ulama (NU) zaman dulu, juga sudah  memberikan teladan, dengan ambil bagian yang demikian besar dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia dan mempertahankan kemerdekaan itu.

‘’Hubbul wathan minal iman. Cinta tanah air itu sebagian dari iman. Ini diajarkan oleh para kiai sejak zaman dulu. Dan di masa-masa perjuangan, para kiai, khususnya kiai-kiai NU, bahkan senantiasa di garis depan memperjuangkan kemerdekaan,’’ ujarnya.

Menurut Subarkah, Hari Bela Negara ini menjadi memontum yang sangat penting, sekaligus mengingatkan kepada generasi muda akan tanggung jawabnya sebagai warga negara, yakni ikut menjadi keutuhan negara ini.

‘’Karena itu, penanaman nilai-nilai nasionalisme dan bela negara, harus senantiasa ditanamkan kepada generasi muda dan seluruh rakyat di negeri ini. Negeri yang telah merdeka berkat perjuangan para pejuang bangsa, harus senantiasa dijaga keutuhannya,’’ katanya. (luh/ ros)

Comments