1.000 Khataman al-Quran untuk Keselamatan Bangsa

0
255

Oleh Gus Manan Maknawi

Menghadapi persebaran Corona Virus yang masih berlanjut, berbagai ikhtiar dilakukan oleh berbagai pihak, tak mengenal strara, suku, bangsa juga agama, secara medis pun teologis.

Sebagai usaha bathiniyyah tolak bala, satu lagi kegiatan akan dilaksanakan oleh para kader Ansor se-Jawa Tengah di rumah masing-masing, yaitu istighasah bersama dengan 1000 Khataman al-Quran, mengetuk pintu langit, memohon pada Allah untuk keselamatan Bangsa.

Majlis Dzikir dan Shalawat Rijalul Ansor (MDS RA) adalah salah satu badan semi otonom di bawah naungan Gerakan Pemuda Ansor yang bergerak dalam bidang dakwah, kali ini Pimpinan Wilayah MDS RA Jateng menjadi inisiator sekaligus penanggung jawab kegiatan tersebut.

Sabtu (18/4/2020) ini, 1000 Majelis Takhtimul Quran serentak dilaksanakan. Doa Khataman dibaca live melalui Official Fanspage PW GP Ansor Jateng dan Zoom, malam mulai pukul 20.20 WIB.

Hal ini juga sebagai bentuk ‘hormat’ bulan Syakban (Ruwahan), mendoakan arwah para Masyayikh NU, guru, pahlawan bangsa, serta sanak keluarga yang telah tiada. Bukti birrul walidain dan nguri-uri kabudayan di tengah pandemi, serta syi’ar menyambut datangnya bulan suci Ramadan.

Terakhir tapi tidak kalah penting, sebagai bentuk syukur, memperingati Hari Lahir Ke-86 Gerakan Pemuda Ansor, garda terdepan Nahdlatul Ulama. 24 Maret GP Ansor berdiri, senantiasa mengabdi pada agama dan tanah air, hingga kini. (*/ sis, ros, adb, rid)

Gus Manan Maknawi,

Penulis adalah ketua Rijalul Ansor Kabupaten Boyolali

Comments