Ustadzah Hafshah Berbagi Tips Menghafal Al-Qur’an

0
647
Ustadzah Hafshah al Ahla

KUDUS,Suaranahdliyin.com – Tips menghafal Al-Qur’an paling efektif, diantaranya menggunakan waktu yang tepat. Hal ini diungkapkan motivator Qur’an Ustadzah Hafshah Al-Ahla dalam kajian Islam pada kanal Youtube NU Online, Kamis (1/09/2022).

Ustadzah Hafshah Al-ahla menyampaikan waktu paling baik adalah waktu saat dirasa nyaman untuk menambah hafalan Alquran.Misalnya saat bangun tidur waktu malam adalah momentum yang tepat.

“Yang jelas menggunakan waktu saat hati sedang nyaman untuk menambah hafalan jangan sampai waktu itu terlewat sia-sia,”ungkap Pengasuh Podok Pesantren Lirboyo.

Ia juga menambahkan waktu paling baik untuk menghafal Al-Qur’an adalah sejak usia dini, karena belum mengenal baper seperti saat ini yaitu bawa perasaan, yang bisa mengganggu pikiran saat sedang menghafal.

“Ketika masih kanak-kanak, ini sangat baik sekali digunakan untuk menghafal Al-Qur’an, para ulama banyak yang memulai menghafal Al-Qur’an di usia dini,”kata Ustadzah Hafshah Al-ahla.

Ustadzah Hafshah juga menguraikan cara menghadapi cobaan variatif bagi penghafal Al-Qur’an. Ketika menghafal Al-Qur’an harus mempunyai gambaran atau pandangan bahwa bisa sampai pada titik khatam Al-Quran.

“Jika mempunyai pandangan, insyaallah bisa sampai pada titik khatam Al-Quran dengan dibarengi perjuangan dan doa. Jika tidak memiliki gambaran akan berjalan di haluan diri sendiri.”imbuhnya.

Selain itu, ia juga menyampaikan jika ingin bisa semangat dalam menghafal Al-Qur’an harus meningkatkan ketaqwaan pada Allah SWT.

“Yang membuat kita Semangat dalam menghafal Al-Qur’an adalah meningkatkan ketaqwaan kita pada Allah SWT, yang membuat kita tidak Semangat adalah banyaknya bermaksiat,”tandasny Ustadzah Hafshah.(Tias/adb)

Comments