Kolaborasi Pemkab Kudus dan Ombudsman
Titik Penting Peningkatan Kualitas Pengawasan Pelayanan Publik

0
333
Pertemuan pemkab Kudus dengan Ombudsman RI

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus berkolaborasi dengan Ombudsman RI, untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Kerja sama kedua belah pihak, sebenarnya sudah terbangun beberapa tahun, dan berharap untuk meningkatkan kolaborasi.

Penjabat (Pj) Bupati Kudus, Dr M Hasan Chabibie mengutarakan hal itu dalam pertemuan dengan perwakilan Ombudsman RI Jawa Tengah di Pendapa Kabupaten Kudus, Rabu (24/4/2024) kemarin.

Hadir pada kesempatan itu hadir kepala perwakilan Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah, Siti Farida SH MH beserta jajaran pimpinan Pemkab Kabupaten.

Dr M Hasan Chabibie mengutarakan, Pemkab Kudus ingin agar pelayanan publik di kota Kudus terus meningkat kualitasnya.
“Kolaborasi dengan Ombudsman RI ini sangat penting, agar terjadi keseimbangan informasi serta mekanisme check and balances antara pemerintah Kudus dengan lembaga lain yang berwenang,”ujarnya.

“Ombudsman, selama ini menjadi instansi yang mengawal mekanisme pengawasan pelayanan publik, sebagai lembaga yang menerima aduan masyarakat terkait pelayanan dari birokrasi di berbagai level,”sambung Hasan.

Dia menambahkan, pihaknya juga akan menjalin komunikasi yang baik dengan beberapa instansi pengawasan di level nasional, untuk membantu jajaran Pemkab Kudus bekerja dengan baik.

“Kami juga sudah berkomunikasi dengan BPK dan KPK, untuk membantu menata Kudus. Intinya, kami ingin ada bimbingan dari lembaga-lembaga ini terkait mekanisme pencegahan dan pengawasan, sehingga semua bisa berjalan optimal serta bekerja sesuai dengan tupoksi masing-masing,” lanjutnya.

Lebih lanjut disampaikan, Pemkab Kudus juga ingin agar mendapat bimbingan dan monitoring secara rutin, demi perbaikan pelayanan publik.

“Peran Ombudsman, KPK dan BPK menjadi penting, untuk membantu pemerintah daerah bekerja secara optimal. Jadi, semuanya bisa bekerja sesuai dengan mekanisme dan regulasi yang berlaku. Para pihak juga bisa bekerja dengan fokus untuk melayani warga Kudus secara maksimal,” tuturya.

Pj Bupati Kudus dan jajarannya bersama Ombudsmen RI di Pendopo Kudus

Siti Farida mengemukakan, pihaknya mengapresiasi Pemkab Kudus yang berkomitmen menjaga kualitas pelayanan publilk.

“Pemkab Kudus sudah bekerja sama dengan kami bertahun-tahun, dalam pengawasan pelayanan publik. Jadi, kami sudah sering memberikan catatan dan saran kepada Pemkab Kudus. Dan selama ini tindaklanjuti dengan sangat baik,” paparnya.

Dia berpandangan, kolaborasi antara Pemkab Kudus dan Ombudsman RI, menjadi titik penting untuk peningkatan kualitas pengawasan pelayanan publik.

“Selanjutnya, kami berharap warga Kudus juga mendapatkan kepuasan yang tinggi dalam hal perizinan dan pelayanan public,” katanya. (mail/ ros)

Comments