Tentang Protokoler
Satuan Khusus Banser Protokoler Harus Benar-benar Cakap

0
406
Sebagian personel Banser Protokoler Satkorcab Banser Boyolali foto bersama usai konsolidasi dan halalbihalal

BOYOLALI, Suaranahdliyin.com – Satuan Koordinasi Cabang (Satkorcab) Banser Boyolali melalui Satuan Khusus Banser Protokoler, menggelar konsolidasi dan halalbihalal di Desa Gunung, Kecamatan Simo, Kamis (26/5/2022) lalu.

Untuk diketahui, Banser Protokoler ini mempunyai tugas khusus, yaitu mengatur, menata, dan mengelola acara kenegaraan, organisasi (acara resmi) sesuai dengan perencanaan kegiatan. Dengan tugas merencanakan, mempersiapkan, mengoordinasikan dan melaksanakan keprotokolan di Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan Banser.

Hadir pada kesempatan itu Kepala Satkorcab Banser Boyolali, Ahmad Muzamil, yang memberikan arahan  dan melakukan penyegaran kepada satuan khusus Banser Protokoler, terkait Peraturan Organisasi (PO) Protokoler.

“Sebagai satuan khusus, Banser Protokoler harus mempunyai kecakapan dalam banyak hal protokoler dibanding anggota Banser biasa. Bila apa yang sudah tertera dalam PO Protokoler dilaksanakan sesuai jalur komando, insyaAllah seluruh kegiatan dapat berjalan dengan baik,” tegasnya.

Mengutip Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) GP Ansor, H Yaqut Cholil Qoumas, Ahmad Muzamil menjelaskan, GP Ansor dan Banser merupakan organisasi Satu Komando dan Satu Barisan.

“Barisan itu harus kompak. Jika di depan melangkah kaki kiri, maka yang di tengah dan di belakang juga harus kaki kiri. Jika yang di depan melangkah kaki kiri kemudian yang di tengah ada yang melangkah kaki kanan, satu atau dua kali diingatkan. Namun jika sudah tiga kali diingatkan masih sama saja, maka pilihannya hanya satu, keluarkan dari barisan,” tuturnya.

Kepala Banser Protokoler Satkorcab Banser Boyolali, Subadi, juga mengingatkan kepada seluruh anggota, untuk tetap mematuhi aturan yang sudah tertera, dalam melaksanakan kegiatan yang melibatkan satuan khusus Banser Protokoler.

“Acara-acara khusus atau event besar menjadi tugas pokok Banser Protokoler, sekaligus cerminan kesiapsiagaan satuan ini dalam melaksanakan setiap tugas yang diamanatkan,” ujarnya. (rosyid/ sis, gie, adb)

Comments