Sambut Ramadan, NU Pati Distribusikan Jadwal Imsakiyah

0
475
Pengurus NU Pati membagikan Jadwal Imsakiyah Ramadan

PATI, Suaranahdliyin.com – Untuk menyambut datangnya bulan puasa, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Pati melalui Lembaga Falakiyah NU (LF-NU) membagikan jadwal Imsakiyah, Kamis (16/4/2020). Pembagian jadwal diberikan kepada seluruh MWC NU se Kabupaten Pati.

Sekretaris PCNU Pati Maskan,menjelaskan pembagian jadwal imsakiyah sudah melingkupi semua wilayah di Kabupaten Pati. “Waktunya memang didesain untuk Kabupaten Pati. Jadi sudah pas.” Tegasnya.

Diterangkan, PCNU sediktnya mencetak 1000 eksemplar jadwal imsakiyah. Namun PCNU juga menyediakan jadwal imsakiyah berupa soft copy yang bisa di unduh di akun resmi sosial media Facebook PCNU Pati yaitu NU Pati.

“Yang tidak kebagian cetakan jadwal imsakiyah dari kami, bisa diunduh di akun resmi PCNU Pati.”ujarnya.

Jadwal imsakiyah yang dicetak oleh PCNU Pati diawali pada tanggal 24 April 2020 dan diakhiri 23 Mei 2020. Perkiraan ini berdasarkan hisab yang dilakukan oleh LF-NU sebagai lembaga yang berkompeten di bidang astronomi.

Namun, PCNU mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menunggu hasil ru’yatul hilal yang dilakukan pemerintah untuk mengawali dan mengakhiri Bulan Ramadhan nanti. Sebab, menurut PCNU, hisab merupakan prediksi semata berdasarkan perhitungan matematis.

“Untuk lebih tepatnya ya harus melihat hilal (bulan) 1 Romadhon. Jangan berpuasa dan berlebaran dulu tanpa ada intruksi dari pemerintah atau dalam hal ini PBNU.”imbau K. Yusuf Hasyim, ketua PCNU Pati.(karim,ltn, niam/adb)

Comments