Pohon Tumbang, Banser Datang

0
486

*Kesigapan Banser Tanggap Bencana

Bersama eleman lain, beberapa anggota Bagana menyingkirkan pohon tumbang yang menghalangi jalan raya Karangmalang Gebog Kudus

KUDUS,Suaranahdliyin.com – Kesigapan anggota Barisan Ansor Serba Guna (Banser) layak mendapat apresiasi. Setiap kali datang bencana, Banser selalu tanggap ikut datang membantu menanggulanginya.

Seperti halnya yang terlihat Kamis pagi (20/2/2020), saat terjadi pohon besar tumbang sendiri yang menghalangi jalan raya desa Karangmalang Gebog Kudus. Belasan anggota yang bergabung Banser Tanggap Bencana (Bagana) kecamatan Gebog langsung datang membaur dengan elemen TNI dan relawan BPBD Kudus mengevakuasi pohon tersebut.

Menurut wakil ketua Bagana Kecamatan Noor Yanto, kesigapan Banser sudah menjadi komitmen sekaligus rasa kepedulian dalam membantu disaat terjadi bencana. Sikap ini merupakan bentuk rasa kemanusiaan untuk kepentingan warga masyarakat.

“Atas nama kemanusiaan, anggota Banser selalu siap tanggap akan bencana seperti pohon tumbang yang mengganggu jalan raya,”tegasnya kepada Suaranahdliyin.com, Kamis (20/2/2020).

Ia menerangkan Banser secara khusus memiliki satuan Bagana (Banser Tanggap Bencana) yang mempunyai tugas kemanusiaan. Anggota Banser ini selalu siap diterjunkan manakala ada bencana.

“Bagana Gebog baru terbentuk dua bulan lalu. Namun sudah menunjukkan manfaatnya bagi masyarakat seperti penanganan tanah longsor beberapa hari yang lalu di desa Rahtawu dan Kambangan Menawan yang menutupi badan jalan.”jelas kang Noor sapaan akrabnya.

Selama ini, imbuh kang Noor, Bagana Gebog membuka posko di gedung MWC NU Kecamatan Gebog Kudus. Sejak Januari lalu, anggota Banser tiap malam piket siaga secara bergilirian di Posko.

“Tujuannya, manakala ada informasi bencana kami sudah siap meluncur ke lokasi,”tandasnya.

Usai menangani pohon tumbang di Karangmalang, tim Bagana Gebog melanjutkan ikut menangani tanah longsor di desa rahtawu yang menimpa rumah warga Sugiri Rt. 04 Rw. 04 dan Sukardi Rt. 02 Rw. 04.(adb/ros).

 

 

 

Comments