Pemkab Kudus Raih Digital Government Award dari Pemerintah
Pj Bupati Kudus: Momentum Peningkatan Tata Kelola Pemerintahan

0
670
Presiden Jokowi menyampaikan sambutan SPBE Summit 2024 serta peluncuran Government Technology (Govtech) Indonesia di Istana Negara, Jakarta, kemarin

JAKARTA, Suaranahdliyin.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus meraih Digital Government Award dari pemerintah Indonesia, yang diberikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Anugerah itu sierahkan bertepatan dengan agenda Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Summit 2024, serta peluncuran Government Technology (Govtech) Indonesia, di Istana Negara, Jakarta, Senin (27/5/2024) kemarin.

Presiden RI Jokowi bersama Wapres KH Ma’ruf Amin membuka langsung kegiatan ini, disaksikan oleh jajaran Menteri dan beberapa kepala daerah.

SPBE Summit 2024 sendiri, diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) untuk mendorong perkembangan layanan digital di setiap instansi pemerintah.

Pada kesempatan itu Presiden Jokowi memberikan pesan utama agar semua kementerian dan lembaga (K/L) serta pemerintah daerah saling mengintegrasikan dan menginteroperabilitas aplikasi, data, dan layanannya.

Selain itu, Presiden juga menyampaikan kesederhanaan dalam pelayanan dapat berdampak pada masyarakat secara luas.

“Kita harus memperkuat digital public infrastructure kita—semacam jalan tol untuk digitalisasi pelayanan publik. Kita juga harus memperkuat GovTech kita, satu portal terintegrasi yang kita namakan INA Digital,” tegas Presiden Jokowi.

Peluncuran INA Digital, menurut Presiden Jokowi, menegaskan bahwa kehadiran birokrasi itu seharusnya melayani, bukannya memperlambat atau mempersulit masyarakat. “Seharusnya, yang jadi tolok ukur adalah kepuasan masyarakat, manfaat yang diterima masyarakat, serta kemudahan urusan masyarakat,” jelasnya.

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas selaku Ketua Tim Koordinasi SPBE Nasional, mengeklaim, hadirnya GovTech akan memenuhi kebutuhan masyarakat dengan berbagai kemudahan.

Pada SPBE Summit 2024 itu, terdapat pemberian apresiasi bagi instansi pemerintah yang berhasil mencapai nilai pemantauan dan evaluasi SPBE terbaik dalam rangkaian acara tersebut.

Selain itu, juga dilaksanakan penandatanganan komitmen pimpinan instansi Kementerian/Lembaga yang bertanggung jawab atas sembilan layanan SPBE prioritas.

Pj Bupati Kudus, Dr M Hasan Chabibie mengaku bangga atas raihan award bagi Pemkab Kudus. Dia menilai, penghargaan ini sebagai momentum bersama untuk terus memberikan yang terbaik bagi warga, melalui peningkatan kualitas tata Kelola pemerintahan serta pelayanan publik.

“Penghargaan ini merupakan kebanggaan sekaligus pengakuan. Bahwa, Pemkab Kudus sudah berada pada track yang benar, kita bersama-sama dengan semua perangkat pemerintahan, OPD sekaligus warga untuk berkhidmah yang terbaik,” paparnya.

Lebih lanjut disampaikan, award ini menjadi momentum untuk meningkatkan tata Kelola pemerintahan, sekaligus meningkatkan pelayanan publik di Kudus.

Pj Bupati Kudus, M Hasan Chabibie (tengah) foto bersama beberapa pimpinan daerah lain di depan Istana Negara

“Jadi, ini penghargaan bagi semua pihak, khususnya untuk jajaran Pemkab dan warga Kudus. Sebab, muara dari Govtech adalah kepuasan publik atas kehadiran pemerintah,” tutur Kepala BKHM Kemendikbudristek itu.

Diutarakan oleh Hasan Chabibie, bahwa dia bersama jajarannya, berkomitmen untuk terus memberikan yang terbaik dari sisi kebijakan dan program.

“Digital Government Award ini melecut kita semua untuk terus bekerja yang terbaik, berkhidmah untuk kemasalahatan publik. Dengan pikiran, program, karya serta dedikasi kita semua untuk melayani warga,” ujarnya. (mail, adb/ ros, gie)

Comments