May Day, M Hasan Chabibie: Hari Buruh Momentum Tingkatkan Kesejahteraan dan Peluang Investasi

0
483
Pj Bupati M Hasan Chabibie melepas peserta jalan santai dalam rangka Hari Buruh Internasional, pagi tadi

KUDUS, Suaranahdliyin.com – May Day (Hari Buruh Internasional) diperingati oleh ribuan pekerja di Kudus, Rabu (1/5/2024) pagi.

Puluhan ribu pekerja dari berbagai perusahan, berdatangan ke Alun-Alun Simpang Tujuh Kudus, untuk meramaikan agenda Jalan Santai dalam rangka Hari Buruh Internasional.

Hadir dalam agenda ini Pj Bupati Kudus Dr M Hasan Chabibie, Kapolres Kudus AKBP Dydit Dwi Susanto, Dandim 0722/ Kudus Letkol Inf Andreas Yudhi Wibowo, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi dan UKM Kudus Rini Kartika Hadi Ahmawati, serta Ketua DPC KSPSI Kudus, Andreas Hua beserta jajaran.

M Hasan Chabibie membuka jalan santai itu, memgutarakan, bahwa Pemkab Kudus mendukung penuh peningkatan kesejahteraan pekerja di Kudus.

“Kudus ini selain dikenal sebagai kota pendidikan, juga kota industri. Ada berbagai macam perusahaan di Kudus, yang selama ini menjadi penopang perekonomian baik tingkat lokal bahkan nasional. Tentu saja, Pemkab Kudus mendukung penuh peningkatan kesejahteraan buruh sesuai dengan regulasi yang ada,” katanya.

Selama menjabat Pj Bupati Kudus dalam empat bulan terakhir, dia pun sering berdialog dengan serikat buruh, pengusaha serta jajaran birokrasi Pemkab untuk memetakan masalah-masalah yang terjadi, serta mencari solusi bersama.

Beberapa aspirasi buruh terkait asuransi kesejahteraan dan bantuan pendidikan untuk keluarga, juga ditindaklanjuti Pemkab Kudus.

Di hadapan ribuan pekerja, Hasan Chabibie mendorong agar terjaga keharmonisan di lingkungan industri di Kudus.

“Saya selalu mendorong semua pihak untuk menjaga keharmonisan, saling berkolaborasi, saling menguatkan. Jadi, jajaran pengusaha, pekerja, juga pemerintah daerah harus selalu berkolaborasi,” paparnya.

Dengan terjaganya keharmonisan, lanjutnya, maka iklim industri akan semakin meningkat, juga menghasilkan profit yang menguntungkan semua pihak. “Akhirnya, pekerja juga mendapatkan peningkatan kesejahteraan,” lanjut kepala BKHM Kemendikbudristek.

Puluhan ribu pekerja mengikuti jalan sehat

Disampaikannya pula, bahwa pihaknya menyiapkan tata kelola pemerintahan serta akses perizinan yang memudahkan investor masuk ke Kudus. “Pemkab Kudus menyiapkan perizinan dan pelayanan, untuk mempermudah peluang investor masuk di Kudus,” paparnya.

Menurutnya, di Kudus masih banyak potensi yang bisa dikembangkan dengan dukungan investor, untuk pengembangan perekonomian. “Kudus secara geografis juga sangat strategis dan menjadi kota di jantung Jawa Tengah, serta perlintasan transportasi,” ungkapnya. (ros, mail, rid/ gie, adb, luh)

Comments