LFNU Kudus Kembali Gelar Rukyatul Hilal

0
540
Para perukyat dari LFNU Kabupaten Kudus dan institusi/ lembaga lain di Pantai Kartini, Jepara.

JEPARA, Suaranahdliyin.com – Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Kabupaten Kudus kembali menyelenggarakan rukyatul hilal awal Zulhijjah 1440 H / 2019 M, Kamis (1/8/2019) sore. Rukyatul hilal dilakukan di Pantai Kartini Jepara.

Dalam rukyatul hilal di Pantai Kartini Jepara tersebut, LFNU Kabupaten Kudus bergabung dengan para pakar falak dan pegiat astronomi dari berbagai institusi atau lembaga lain, seperti dari Lembaga Falakiyah PWNU Jawa Tengah, UNISNU Jepara, BHRD Jepara dan para muhadlir serta mahasantri Ma’had Aly Tasywiquth Thullab Salafiyah (TBS) Kudus.

‘’Untuk di Pantai Kartini sendiri, para perukyat tidak berhasil melihat hilal. Namun di daerah lain ada perukyat yang berhasil melihat hilal,’’ ujar Ustaz Azhar Lathief Nashiran, ketua LFNU Kabupaten Kudus didampingi jajarannya.

Adapun beberapa daerah yang berhasil melihat hilal, antara lain di Condrodipo Gresik (Jawa Timur) oleh H. Inwanuddin, H. Asyhar, Umar, Syamsul Ma’arif, Syamsul Fuad; Pondok Bayt Al Hikmah, Pasuruan (Jawa Timur) dengan perukyat terdiri di antaranya Moh. Nufail, A. Tolhah, M. Kholik, dan Khudori.

Selanjutnya di Tanjungkodok Lamongan (Jawa Timur) dengan perukyat antara lain KH Khotib Asymuni dan Abdul Mujib; Lalu di Gedung UMK Kudus (Jawa Tengah) perukyat di antaranya H. Sulthon dan Wiwik Harisprasetyo; dan POB Masjid Jami’ Denanyar dengan perukyat yang berhasil melihat hilal yaitu sdri. Sulastri, Kikinda dan Fika.

Dengan hasil tersebut, awal Zulhijjah 1440 H / 2019 M jatuh pada Jumat, 2 Agustus 2019 (dimulai malam Jumat). Sehingga Idul Adha (10 Zulhijjah 1440 H) jatuh pada Ahad, yang bertepatan dengan 11 Agustus 2019 M. (ros, rid, mail, gie/ adb, luh)

Comments