Kreatif, Mahasiswa IAIN Kudus Kenalkan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android

0
213
Sosialisasi Aplikasi Pembelajaran berbasis Android

JEPARA,Suaranahdliyin.com – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN-IK) IAIN Kudus Desa Bringin, Kecamatan Batealit menyelenggarakan Sosialisasi Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android. Acara ini berlangsung pada 29 September 2022 pukul 08.00 WIB di SMK N 1 Batealit Jepara dengan sasaran program kegiatan adalah peserta didik Kelas XI.

Kegiatan sosialisasi ini dipandu langsung oleh Mahasiswa Tadris Matematika, Aliya Fitrahani. Dalam kegiatan ini berusaha mensosialisasikan aplikasi karya Mahasiswa Tadris Matematika IAIN Kudus sendiri, yaitu RISET (Barisan dan Deret) yang sebelumnya pernah menyabet Juara 3 Lomba Media Pembelajaran Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Generasi Baru Indonesia Universitas Trunojoyo Madura.

“Sangat mengesankan bisa mensosialisasikan aplikasi karya Mahasiswa Tadris Matematika, terlebih lagi aplikasi karya Tim saya sendiri yang dibantu oleh Ahmad Zulfikri dan Putri Nabila,” ujarnya

Ia menambahkan, tujuan dari diselenggarakannya kegiatan ini tidak lain adalah sebagai bentuk inovasi media pembelajaran, mengawal digitalisasi pendidikan, khususnya dalam mempersiapkan revolusi Pendidikan Indonesia menuju Society 5.0.

Kegiatan Sosialisasi Media Pembelajaran Berbasis Android ini menuai respon positif. Wahyudi, selaku Guru Informatika di SMK N 1 Batealit Jepara mengatakan konsep sosialisasi yang disampaikan mahasiswa juga menarik. Mulai dari pencetakan stiker QR Code untuk akses download aplikasinya, hingga fitur-fitur yang disediakan di dalam aplikasi RISET.

“Ternyata Mahasiswa dari background pendidikan bisa membuat aplikasi berbasis android. Itu pun menggunakan bahasa pemrograman komputer yang biasanya menjadi matakuliah dari Program Studi Informatika atau Komputer,” ungkapnya. (sim/adb)

Comments