Kesan Warga Jepang, Gerakan Silat Pagar Nusa Sangat Menarik

0
1340
Anggota Pagar Nusa Cabbang Istimewa Jepang Tokyo sedang latihan gabungan

JEPANG,Suaranahdliyin.com –  Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa Cabang Istimewa Jepang mengadakan Latihan Gabungan di Taman Ueno, Tokyo, Ahad (1/1/2023). Kegiatan digelar usai acara Istighosah dalam rangka peringatan hari lahir ke-4 Pagar Nusa Cabang Istimewa Jepang.

Latihan yang diikuti anggota Pagar Nusa ini menarik perhatian warga yang sedang berada di tempat tersebut. Mayoritas diantaranya mengabadikan kegiatan tersebut melalui foto maupun video.

Salah satu warga Jepang  One-san mengatakan, gerakan silat Pagar Nusa sangat menarik.

“Saya pernah ikut karate, tapi gerakan silat Pagar Nusa yang baru saya saksikan sangat kompak dan indah,”papar One-San.

Sementara itu, Ketua Tanfidziyah Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Jepang, Achmad Gazali yang menghadiri Istighosah di Masjid Akihabara, Tokyo Dome, mengatakan pengurus baru Pagar Nusa bisa memperkuat koordinasi dengan Pagar Nusa pusat.

“Saya berharap di setiap prefektur maupun Majelis Wilayah Cabang Istimewa (MWCINU) di Jepang terdapat perwakilan Pagar Nusa,”ujarnya.

Meski Pagar Nusa adalah pencak silat milik NU, Achmad Gazali mengharapkan nahdliyin juga mempelajari silat yang lain guna memperkaya budaya pencak silat Indonesia.

“Pagar Nusa Jepang ini dapat menjadi salah satu wadah untuk memperkenalkan seni silat Indonesia di Jepang,”imbuhnya.

Pesilat Pagar Nusa Cabang Istimewa Jepang usai Latihan Gabungan

Ketua Pagar Nusa Cabang Istimewa Jepang yang baru, Ananda Abdul Karim mengatakan kegiatan harlah dimaksudkan untuk menguatkan silaturahimi warga NU utamanya anggota Pagar Nusa.

“Juga bertujuan meningkatkan persaudaraan sesama anggota Pagar Nusa di Jepang.”ujarnya.(sridian/adb)

Comments