Gelar Latin dan Latpel, PC IPNU-IPPNU Kudus Ingin Tingkatkan Kualitas Kader

0
959
Pembukaan Latihan Instruktur (LATIN) IPNU-IPPNU Kudus

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Pimpinan Cabang IPNU-IPPNU Kabupaten Kudus mengadakan latihan instruktur (Latin) untuk IPNU dan latihan pelatih (Latpel) untuk IPPNU. Acara yang melibatkan sebanyak 70 peserta ini digelar di Gedung MWC NU Dawe, Kamis – Ahad (14-17/11/19).

Ketua PC IPPNU Kabupaten Kudus, Arin Annisatus Sayyidah, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menempa kemampuan kepelatihan para pengurus PAC IPNU-IPPNU yang tersebar di sembilan kecamatan Se-Kabupaten Kudus.

“Ini agenda periodik untuk melatih tim instruktur yang nantinya menangani kaderasi agar berkualitas,” katanya.

Arin menambahkan, semua peserta itu nantinya disebar dan ditugaskan di masing-masing pimpinan anak cabang, ranting dan komisariat. Itulah mengapa, kata Arin, acara ini mengambil tema Penguatan Kiprah Instruktur untuk Meningkatkan Kualitas Kaderisasi.

“Kami ingin kader pelajar NU Kudus di masa depan bisa lebih terampil, berani dan berkualitas,” ujarnya.

Ketua PC IPNU Kudus, M. Chasan Fauzi, menambahkan pemilihan tema itu tidak lepas dari materi yang nantinya disampaikan dalam acara ini.

“Materinya tentu lebih pada pemahaman soal instruktur yang memuat ideologi, wawasan dan skill. Ketiga itu masih dibagi-bagi jadi 12 materi untuk penguatan kualitas kepelatihan,” kata Fauzi.

Menurutnya, ketiga inti berupa ideologi, wawasan dan skill itu memiliki tujuan khusus. Seperti wawasan misalnya, kata dia, seorang instruktur/pelatih tidak hanya memiliki wawasan keilmuan tapi juga harus bisa menunjukkan data yang akurat.

“Sedangkan untuk skill. Seorang instruktur/pelatih harus berani improve dan mempraktikkan segala kemampuan yang dimiliki. Ada juga materi permainan dan publik speaking supaya ketika menjadi instruktur nanti penyampaiannya bisa menarik,” papar Fauzi.(rid/adb)

Comments