Dorong Normalisasi Sungai Babakan, MWCNU Ketanggungan – Komunitas Peduli Sungai Gelar Manaqib Kubro

0
337
Kegiatan Manaqib Kubro untuk normalisasi sungai Babakan dihadiri sejumlah tokoh

BREBES,Suaranahdliyin.com – Bertepatan peringatan hari Pancasila, Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Ketanggungan Brebes bersama Komunitas Peduli Sungai mengadakan Manaqib kubbro, di Masjid Ketanggungann Kamis (1/6/2023). Kegiatan ini dimaksudkan sebagai ikhtiar batinn untuk kepentintan normalisasi sungai Babakan.

Ketua Komunitas Peduli Sungai Mahfuudin mengatakan normalisasi sungai Babakan menjadi sangat mendesak agar banjir di hilir  tidak terulang kembali. Bencana banjir yang menimpa masyarakat sekitar sungai tentu banyak merugikan secara materi.

“Sesungguhnya agama juga mengajarka  kita semua agar tidak berbuat kerusakan di atas bumi. Karena bencana alam termasuk banjir itu karena tangan tangan manusia yang kurang bisa menjaga dan memelihara sungai sebagai sarana irigasi  untuk kemanfaatan manusia,”ujarnya.

Pria yang juga ketua panitia manaqib kubro ini menuturkan pihaknya sudah melakukan ikhtiar secara lahir dengan mendatangi BBWS ( Balai Besar  Wilayah Sungai) di Cirebon dan beraudiensi dengan pejabat pengambil kebijakan di Brebes. Namun Pasca banjir berapa tahun yang lalu BBWS Cimancis tidak segera bertindak untuk melaksanakan normalisasi sungai Babakan ini.

“Karenanya, kami melakukan ikhtiar batin dalam poros transendental dengan berdoa secara jamaah melalui washilah pembacaan Manaqib Syekh Abdul Qodir Al Jaelani bersama warga NU,”terangnya.

Ada empat upaya untuk normalisasi sungai, lanjut dia, salah satunya pengerukan limbah di sekitar sungai, pelebaran lokasi sekitar sungai untuk menghindari banjir saat musim hujan tiba. Di hulu sana serapan  air sangat rendah akibat hutan  gundul, sampai di hilir terjadi penyempitan.

“Oleh kerena itu sangat dibutuhkan semua pihak untuk menyelamatkan sungai Babakan dari banjir. Pemerintah dan masyarakat harus bersama berusaha mewujudkan sungai yang bermanfaat untuk rakyat,”harap Mahfudin.

Sementara itu, Ketua MWC NU Ketanggungan H Slamet, menegaskan bahwa kegiatan Manaqib Kubbro  ini sebagai bentuk kepedulian warga NU terhadap upaya menjaga lingkungan dari bencana banjir.

“Menjadi tugas NU bersama dengan komponen masyarakat lainya untuk melakukan edukasi ekologis pencegahan bencana banjir untuk nahdliyin.”ujarnya,

Hadir dalam acara ini, sejumlah kiai di lingkungan MWC NU Ketanggungan, termasuk Pj Bupati Brebes dan beberapa pejabat dilingkungan Pemkab Brebes. Turut hadir pula Hj Nok Jumeroh tokoh Muslimat NU Kab Brebes yang berdomisili di Ketanggungan. (sururi/adb)

Comments