Digunakan Rukyatul Hilal Perdana, Observatorium Yanbu’ul Qur’an Menawan

0
496
Observatorium Yanbu’ul Qur’an Menawan (Obyaqum) di PTYQM

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an Menawan (PTYQM) miliki observatorium, yang sangat representatif untuk melakukan aktivitas rukyatul hilal dan lainnya terkait bidang astronomi dan falak.

Observatorium itu “diluncurkan” pada Jum’at (1/4/2022) ini, yang langsung ditandai dengan digelarnya aktivitas rukyatul hilal jelang Ramadan 1443 H / 2022 M.

Tak hanya untuk internal santri dan sivitas PTYQM, namun rukyatul hilal ini juga diikuti oleh kantor dan lembaga lain, di antaranya Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kudus, Lembaga Falakiyah NU Kudus, dan Ma’had Aly TBS Kudus.

“Observatorium ini baru jadi dan langsung dipergunakan perdana untuk rukyatul hilal ini,” terang Ustaz Noor Sidqon, penanggung jawab Observatorium Yanbu’ul Qur’an Menawan (Obyaqum) kepada Suaranahdliyin di sela-sela rukyatul hilal.

Dalam kesempatan yang antara lain dihadiri H M Ulin Nuha dan H Arifin (Kemenag Kudus), Kiai Azhar Lathif (LFNU Kudus), Ustaz Noor Aflah, Ustaz Syaifuddin dan Ustaz Fuad (Ma’had Aly TBS) berikut para mahasantri serta para pimpinan PTYQM, Noor Sidqon menambahkan, bahwa rencananya setiap jelang awal bulan hijriyah, akan digelar PTYQM.

“Kalau ada lembaga yang bergabung untuk rukyat bersama, kami terbuka lebar. Tetapi semisal tidak ada dari lembaga lain yang akan bergabung ikut rukyat, setiap bulan insyaallah kami akan rukyat,” tuturnya.

Sementara H M Ulin Nuha, mewakili Kantor Kemenag Kabupaten Kudus, dalam sambutannya menegaskan, bahwa awal Ramadan 1443 H, menunggu sidang itsbat Kemenag RI. “Kepastian awal Ramadan 1443 H, kami harap menunggu sidang itsbat,” tegasnya.

Sebagian peserta rukyatul hilal foto bersama

Sementara itu, sesuai PBNU telah mengikhbarkan, bahwa Ramadan 1443 H jatuh pada Ahad (3/4/2022). Ikhbar dikeluarkan setelah Lembaga Falakiyah di berbagai kota di Indonesia di bawah koordinasi lembaga falakiyah PBNU, melakukan rukyatul hilal. Dan berdasarkan laporan, hilal tidak terlihat di semua lokasi. (ros, sim/ adb, rid)

Comments