Ansor Kudus Akhiri PKD dan Diklatsar 2019 di Kecamatan Dawe

0
1244

– Pembaretan dilaksanakan 28 September 2019

Ketua PC GP Ansor Kudus H. M. Sarmanto Hasyim

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Rangkaian acara PKD dan Diklatsar Kabupaten Kudus 2019 segera berakhir. Sejak tiga bulan yang lalu instruktur PC GP Ansor Kabupaten Kudus telah berkeliling ke sembilan kecamatan. Dikomando secara langsung oleh Ketua GP Ansor Kudus H. M. Sarmanto Hasyim mereka memberikan pelbagai materi terkait Islam Aswaja, Ke-NU-an, ideologi pokok Ansor-Banser serta Kebangsaan.

Sarmanto juga menginstruksikan kepada jajaran instruktur agar selalu siap sedia mengawal kader-kader NU sehingga memiliki militansi yang kokoh. Menurutnya, sebagai organisasi kepemudaan di NKRI Ansor memiliki peran strategis yang amat penting untuk menjaga Islam dan NKRI. Bahkan tidak ada selain organisasi ini yang cukup cekatan menghalau setiap ancaman perpecahan yang belakangan ini semakin massif menyerang.

“Ansor ini bukan sembarang organisasi. Bahkan ini adalah satu-satunya organisasi yang namanya ada dalam Alquran,” katanya saat menyampaikan materi pada PKD-Diklatsar Kecamatan Dawe di Madrasah Miftahul Huda Pranak Lau, Ahad (01/09/19).

Pada rangkaian PKD-Diklatsar tahun 2019 kali ini Ansor Kudus berhasil menjaring sedikitnya 869 anggota yang terdiri atas 335 kader Ansor dan 534 calon Banser. Kecamatan Dawe menjadi pemasok terbanyak kader Ansor-Banser Kudus dengan total 140 anggota. Sedangkan peringkat kedua dan ketiga secara berurutan diisi oleh Kecamatan Gebog dengan 105 anggota dan Kecamatan Jati dengan 102 anggota.

Ketua PAC Ansor Dawe, Saifuddin mengungkapkan rasa syukurnya bisa mendapatkan 140 anggota baru yang siap sedia untuk berkhidmah kepada NU dan NKRI. Ini bukan kali pertama bagi PAC Ansor Dawe bisa menjaring kader lebih banyak dari PAC lain. Di tahun-tahun sebelumnya Ansor Dawe juga memiliki kader yang banyak dan aktif dalam berkegiatan di rantingnya masing-masing.

“Mari capaian baik ini kita jaga dan bisa menjadikan Dawe sebagai gudangnya Ansor-Banser di Kabupaten Kudus,” tegasnya.

Dawe memang menjadi lokasi terakhir pelaksanaan PKD dan Diklatsar 2019 yakni berlangsung mulai 31 Agustus – 1 September 2019. Adapun lokasi pertama yakni di wilayah Kecamatan Jekulo yang sudah terlaksana pada 6-7 Juli 2019. Bergeser pada 13-14 Juli 2019 PKD dan Diklatsar dilaksanakan oleh PAC Ansor Kaliwungu dan PAC Ansor Gebog.

Selanjutnya pada 20-21 Juli berada di wilayah Kecamatan Kota dan Jati. Disusul oleh PAC Ansor Mejobo yang menggelar acaranya di Graha Muria Colo. Setelah itu pada 3-4 Agustus 2019 PKD dan Diklatsar digelar oleh PAC Ansor Bae dilanjutkan PAC Ansor Undaan pada 24-25 Agustus.

Adapun pembaretan akan dilaksanakan secara serentak se-Kabupaten Kudus pada 28 September 2019 di Balai Desa dan Lapangan Gondangmanis Kecamatan Bae, Kudus. (rid, gie/adb)

Comments