Alissa Ajak Masyarakat Teladani Gus Dur

0
157
Alissa Wahid

JAKARTA, Suaranahdliyin.com – Jaringan GusDurian menggelar Konser Amal Indonesia Pulih dalam rangka memeringati tanggal lahir KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Konser tersebut menghadirkan Prof Dr. Quraisy Shihab, KH. A Mustofa Bisri, Trie Utami, Sakdiyah Ma’ruf, dr Reisa Broto Asmoro, Hanna Fransisca, Iksan Skuter, Once, Mamat Al Katiri, Aak Abdullah AlKudus, Iwenk MUC, dan Dewa Budjana. Pada kesempatan itu juga di-launching platform pedulianakyatim.id sekaligus lelang lukisan Gus Dur.

Koordinator nasional GusDurian, Alissa Qotrunnada Munawaroh Wahid, mengajak seluruh elemen masyarakat untuk turut merealisasikan yang diteladankan Gus Dur yakni peduli kepada sesama.

“Semangat kita berbagi untuk bersolidaritas ini kita wujudkan, karena ini adalah bagian apa yang ditinggalkan oleh Gus Dur,” ujar putri sulung KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dalam konser amal pulih yang digelar virtual di channel youtube TV-9 pada Rabu (8/9/2021) kemarin.

GusDurian Peduli dibentuk pada 4 Agustus 2019 dan launching 28 Desember 2019 pada acara Haul Gus Dur ke 10 di Ciganjur. GusDurian Peduli didirikan atas inisiatif jaringan Gus Durian untuk melanjutkan perjuangan almarhum Gus Dur di bidang kemanusiaan. GusDurian Peduli fokus mengurus bantuan kemanusiaan bagi warga bangsa yang memang perlu mendapat uluran kasih sayang.

“Inisiatif ini muncul saat GusDurian menangani bantuan untuk korban di Lombok, Tsunami, Palu, Sigi dan Donggala. GusDurian juga menyalurkan bantuan untuk korban Wamena Papua dan pengungsi Rohingnya, Gereja Katedral dibom, dan Gempa Lumajang. Sejak itu pula posko relawan GusDurian didirikan di 67 kabupaten/ kota,” terang Alissa.

Dikatakannya, kemanusiaan adalah nilai yang tinggi. Ia ingat Gus Mus bercerita, bahwa alasan mengapa banyak para peziarah di makam Gus Dur, lantaran Gus Dur mencintai sesama manusia tanpa pandang bulu.

“Maka kita juga harus mencintai sesama dengan membawa Indonesia pulih, dan bergerak bersama menuju kedepan yang lebih baik untuk melepaskan diri dari masa-masa sulit di masa pandemi ini,” ungkapnya. (rls/ adb)

 

Comments