Wisata Edukasi Kaligrafi Kudus Mulai Dibuka Untuk Umum

0
673
Launching Wisata edukasi Kaligrafi dengan pembacaan maulid bersama habaib

KUDUS,Suaranahdliyin.com – Wisata Edukasi Kaligrafi yang berada di Villa MC Pro dukuh Dersoyo Kajar Dawe Kudus mulai dibuka untuk umum. Menyusul telah dilaunching pada Sabtu malam (24/2/2024).

“Sejak ini, tempat ini sudah siap menerima kunjungan masyarakat utamanya pelajar dan santri dari sekolah – pesantren ataupun instansi yang ingin mengetahui lebih banyak dunia kaligrafi,”ujar pendiri Wisata Edukasi Kaligrafi Syafiq Afandi kepada Suaranahdliyin.com di sela-sela launching, Sabtu malam.

Syafiq menuturkan awal lahirnya gagasan wisata ini dalam upaya untuk membangkitkan semangat masyarakat tertarik seni kaligrafi dan juga seniman kaligrafi agar lebih produktif berkarya. Di tempat ini sebagai galeri untuk memajangkan karya sekaligus memberikan edukasi pembelajaran atau pelatihan menulis kaligrafi.

“Diaamping melihat karya kaligrafi, pengunjung juga bisa belajar latihan membuat kaligrafi atau bahkan membeli karya yang dipamerkan,”terangnya.

Untuk menopang kesuksesan ini, pihaknya akan menggandeng seniman kaligrafi ternama di kota Kudus dan luar kota.Sejunlah karya para seniman kaligrafi sudah terpajang di tempat wisata edukasi kaligrafi ini.

“Ada (karya) yang ditulis di atas kanvas, ada juga yang dibuat deri limbah kayu.”ungkap Syafiq.

Melalui wisata ini, harap Syafiq, masyarakat bisa menyukai dan memahami jenis-jenia tulisan kaligrafi. Bagi seniman, bisa menjadi sarana marketing karya mereka.

“Paling tidak, para seniman bisa saling mengedukasi, saling tukar pengalaman, saling korekaidan dan saling melengkapi,”harapnya.

Pengurus bagian Kaligrafi Jamiyatul Quro wal Huffadh Nahdlatul Ulama (JQHNU) Jawa Tengah Samsul Huda menyambut positif adanya tempat wisata edukasi kaligrafi di Kudus. Menurutnya, upaya edukasi sangat membahagiakan dan harus terus digelorakan.

“Karena, pegiat kaligrafi sangat dibutuhkan sebagai motivasi pelajar utamanya santri,”ujarnya.

Dalam launching Sabtu malam ditandai dengan pembacaan maulid Nabi bersama Habib Ali Usman Ba’agil dan Habib Abdullah Ba’agil yang diiringi rebana Gemma Musthofa. (adb/ros)

Comments