Tidak Sekadar Latihan Mengajar, Juga Ikut Memotivasi Santri Pelajari Bahasa Asing

0
140
Penerjunan mahasiswa PPL UMK di MA Nu TBS Kudus.

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Mahasiswa Universitas Muria Kudus (UMK) yang sedang menjalani Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di MA NU TBS, diharapkan tidak sekadar mencari pengalaman latihan dalam mengajar, sekaligus diharapkan ikut memotivasi para santri (peserta didik) untuk memiliki minat mempelajari bahasa asing.

Ustaz Charis Rahman S.Pd, guru Bahasa Inggris pada MA NU TBS Kudus mengutarakan hal itu kepada Suaranahdliyin.com, Rabu (31/7/2019). ‘’PPL itu tidak sekadar sebagai sarana praktik micro teaching, tetapi mencari pengalaman nyata bagaimana mengajar yang baik,’’ katanya.

Untuk itu, selain ikut mengajar di jam-jam pelajaran yang ada, diharapkan pula mahasiswa PPL membuat program-program. ‘’Monggo, bikin program-program untuk membantu dan mendorong penguatan pembelajaran bahasa asing selama PPL, khususnya pelajaran Bahasa Inggris,’’ paparnya.

Baru-baru ini, sebanyak tujuh mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) UMK resmi diterjunkan untuk menjalani program PPL di MA NU TBS. Tujuh mahasiswa PPL itu didampingi Dr. H. A. Hilal Majdi, Dosen Pembimbing Lapangan (PPL).

Mahasiswa PPL dan DPL diterima langsung Kepala MA NU TBS, KH. Musthafa Imron SHI, Senin (29/9/2019) lalu didampingi antara lain KH. Nur Khamim Lc. Pg.D, Ustaz Ali Mahsun S.Pd, Ustaz Drs. A. Faqih dan Ustaz Charis Rahman S.Pd.

Di MA NU TBS, para mahasiswa itu akan melakukan praktik selama tiga bulan. “Semoga pertemuan ini membawa hikmah dan berkah bagi kita semua,” kata Dr. H. A. Hilal Majdi yang mengaku sangat dekat dengan madrasah TBS semasa kecil.

Sementara Kepala MA NU TBS, KH. Musthofa Imron, mengucapkan selamat datang dan mengapresiasi positif atas kepercayaan UMK menjalin kerja sama dengan TBS, salah satunya melalui Program PPL. Pada kesempatan itu, KH. Musthofa Imron menyampaikan berbagai hal terkait madrasah berikut ragam kegiatan yang ada. (ros, mail, luh, gie/ adb, rid)

Comments