Siapkan Kader ke Perguruan Tinggi dengan BPUN

0
1602
M. Wahyu Saputro

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Menghadapi seleksi masuk perguruan tinggi negeri jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), IPNU/ IPPNU seluruh Indonesia akan menggelar Bimbingan Pasca Ujian Nasional (BPUN), tak terkeculi di Kabupaten Kudus.

Ketua PC. IPNU Kabupaten Kudus, M. Wahyu Saputro kepada Suaranahdliyin.com, Sabtu (10/3/2018) malam, mengatakan, pendaftaran calon peserta BPUN di Kabupaten Kudus telah dibuka sejak 11 Februari hingga 29 Maret mendatang.

‘’Untuk seleksi akan dilaksanakan pada 30 – 31 Maret, pengumuman online pada 3 April, technical meeting (TM) 13 April, sedang pelaksanaan BPUN yaitu pada 15 April – 5 Mei yang akan datang,’’ ujarnya saat ditemui di Kantor NU Kudus.

Dia menjelaskan, BPUN merupakan salah satu agenda rutin tahunan, yang bertujuan untuk melakukan pengawalan pelajar dalam upaya menyiapkan kader-kader muda NU calon mahasiswa yang hendak masuk perguruan tinggi.

‘’Ini untuk membentengi akidah, agar ketika mereka masuk di bangku kuliah, mantap secara ideologi, sehingga tidak terjerumus dalam aliran akstremis dan radikal,’’ lanjutnya menambahkan.

Agar tidak terjerumus dalam aliran ekstrem dan radikal, maka para peserta BPUN nantinya antara lain dibekali dengan materi penguatan karakter dan ideologi Aswaja, serta pendalaman mater-materi yang diprediksi akan menjadi materi tes dalam SBMPTN.

‘’Peserta dibatasi maksimal 60, yang terdiri atas jurusan IPA dan IPS. Pengalaman yang sudah pernah, minat untuk mengikuti BPUN di Kudus sangat tinggi. Tidak sekadar dari Kudus, para peserta juga tak sedikit yang berasal dari luar daerah,’’ terangnya. (gie, lam, luh/ ros)

Comments