Manfaatkan Gawai untuk Hal Positif

0
232

TEMANGGUNG, Suaranahdliyin.com – Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), bekerja sama dengan Penerbit Formaci Semarang dan Harian Jateng menggelar seminar regional bertajuk “Strategi Menjadi Guru Berprestasi Melalui Literasi”, Sabtu siang (15/12/2018) lalu.

Hadir sebagai narasumber dalam seminar tersebut, Dian Marta Wijayanti (guru SDN Sampangan 01 Kota Semarang yang berpengalaman menjuarai beberapa lomba)  dan Heri Susanto (Pemimpin Umum Harian Jateng).

Hamidulloh Ibda, Kepala Prodi PGMI STAINU Temanggung, mengemukakan, literasi abad XXI tidak cukup sekadar literasi model lama. “Era Revolusi Industri 4.0 sekarang ini, mengharuskan kita melakukan literasi baru, yaitu literasi data, teknologi, dan literasi manusia sebagai pelengkap dari literasi lama, yaitu membaca, menulis, dan berhitung,” katanya.

Dr. H. Muh Baehaqi MM, Ketua STAINU Temanggung, dalam sambutannya mengatakan, keberadaan gawai harus dimanfaatkan mahasiswa untuk kegiatan positif. “Semua punya android, maka harus memanfaatkannya untuk kegiatan positif yang mendukung literasi,’’ pesannya.

Doktor lulusan Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta itu juga berharap, agar mahasiswa tidak menggunakan gawai untuk main WA dan Facebook-an saja. ‘’Ada banyak manfaat positif gawai, antara lain untuk menyimpan e-book dan kitab-kita kuning. Ini sudah saya praktikkan dalam pembelajaran,” tuturnya. (ibd/ ros, adb)

 

Comments