Lesbumi Kudus Bersiap Gelar Festival Teater

0
261
  • Undang Abdulloh Wong sebagai Bintang Tamu

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Lembaga Seni Muslimin Indonesia (Lesbumi) NU siap menggelar festival teater di Gedung Kesenian Sosrokartono, Kecamatan Bae, Kudus, Sabtu (07/11/19) mendatang.

Ketua panitia, Ahmad Zaky Yamani, mengatakan bahwa Lesbumi juga mengundang Abdulloh Wong untuk menjadi bintang tamu. Ia menambahkan festival ini digelar untuk umum se-Kabupaten Kudus dengan tema folklore.

“Harapannya supaya IPNU, Karang Taruna dan Organisasi atau komunitas di kampung itu bisa hidup,” katanya.

Alasan Lesbumi mengangkat folklore, imbuh Zaky, karena ada keinginan agar para pemuda atau pun pegiat seni budaya di desa menggali lebih dalam cerita rakyat di kampungnya. “Karena folklore itu tentu tentang kampungnya sendiri. Nah itu yang ingin kami munculkan, di Kudus itu ada cerita apa saja,” ungkapnya.

Zaky juga menuturkan, Lesbumi tidak akan mempersoalkan cerita rakyat yang ada itu benar atau salah. Yang penting bagaimana nanti mereka menyajikan cerita tersebut menjadi sebuah pementasan yang bisa diambil teladan atau pun pelajaran.

“Bisa cerita soal asal-usul daerah, atau perjuangan tokoh setempat dan banyak hal. Soal itu sesuai dengan fakta sejarah atau tidak nanti bisa ditelusuri belakang hari lah. Yang penting menurut saya itu pelajarannya,” papar dia.

Untuk kejuaraan akan diambil terbaik I, II, dan III. Kemudian ada juga oenghargaan untuk kategori penyutradaraan terbaik, aktor terbaik dan aktris terbaik. “Kami berharap kelompok seni di Kudus akan bermunculan lagi, berkarya terus dan merawat budayanya sendiri,” tandasnya.

Selain Abdullih Wong, panitia juga mengundang Sastro Adi dan Gus Eko. Adapun pendaftaran peserta akan dibuka hingga 30 Oktober 2019. Sedangkan technical meeting pada 31 Oktober 2019. (rid/ adb)

Comments