Istana Rumbia Fasilitasi Anak-anak Muda Belajar Penulisan

0
335
Para peserta pelatihan foto bersama narasumber usai pelatihan

WONOSOBO, Suaranahdliyin.com – Pemimpin Redaksi Suara Nahdliyin yang juga staf Humas Universitas Muria Kudus (UMK), Rosidi, menjadi pemateri dalam pelatihan penulisan di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Capilla di Kabupaten Wonosobo, Ahad (24/12/2017).

Dia menjadi pemateri bersama dua penulis dari Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo (STIPRAM) Yogyakarta, Eko Sugiarto (Ugie) dan Yerika Ayu. Pelatihan penulisan yang diikuti anak-anak muda di wilayah Kecamatan Kepil, Kabupaten Wonosobo ini difasilitasi oleh TBM Istana Rumbia.

Stevi dari Istana Rumbia, menyampaikan, bahwa kehadiran para praktisi dalam bidang penulisan yang dihadirkan pada kesempatan itu, adalah untuk berbagi tentang materi-materi kepenulisan.

‘’Manfaatkan kesempatan ini untuk belajar dengan baik, dan tanyakan apapun tentang penulisan kepada para narasumber,’’ katanya di depan para peserta dalam sambutan singkatnya pada pembukaan pelatihan.

Sementara itu, Rosidi, pada pelatihan yang juga dihadiri Iwan Handoko (anggota Koramil Kepil), mengulas tentang penulisan berita, mulai dari bagaimana cara penggalian data, mencari narasumber, hingga proses penulisannya.

Ugie –sapaan akrab Eko Sugiarto- lebih menekankan bagaimana proses editing yang baik, sembari memberikan contoh-contoh praktis, sehingga para peserta yang hadir, bisa menangkap penjelasan dengan mudah.

Sedang Yerika Ayu, lebih banyak memotivasi para peserta pelatihan, agar tidak takut menulis. ‘’Teman-teman harus percaya diri dalam menulis. Percaya dirilah. Dan coba terus menerus, sehingga lambat laun, Anda akan mampu menghasilkan sebuah karya yang bagus,’’ katanya. (ros)

Comments