IDEALS Rumuskan Lima Rekomendasi 

0
376
Foto bersama rektor dan narasumber di forum IDEALS

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Belum lama ini, IAIN Kudus menyelenggarakan International Dialogue for Empowering Archive, Library and Museum (IDEALS), sebuah forum yang diinisiasi oleh Perpustakaan IAIN Kudus dengan mengusung tema “Mediatization Applied Prophecthic Legacy for Global Peace (Prophet Muhammad’s Birthday Reflection)”.

Forum tersebut pun berhasil merumuskan lima rekomendasi penting, yang disebut dengan ”Piagam Kudus”, sebagai Manifesto Peradaban Suci. Lima rekomendasi yang dibacakan oleh ketua tim perumus yang juga kepala Perpustakaan IAIN Kudus, Dr H Nur Said MA, itu adalah:

  1. Doktrin dan peradaban bahwa Nabi Muhammad  Shallalahu ‘alaihi wa sallam  sebagai model karakter Islam ideal (Qs. Al Qalam: 4) terekam Al Qur’an, Hadis dan berbagai khazanah Intelektual Islam baik dalam bentuk manuskrip (naskah kuno), kitab-kitab salaf, buku-buku modern maupun berbagai karya sastra dan budaya kekinian yang selaras dengan tuntutan zaman.
  2. Jejak-jejak ulama dan auliya nusantara adalah bagian dari penerus  Nabi Muhammad Shallalahu ‘alaihi wa sallam yang bisa menjadi alternatif model mensantrikan mahasiswa dan memahasiswakan santri responsif  gender  yang terintegrasi dalam Learning Ma’had dan Perguruan Tinggi di Indonesia secara sustainable.
  3. Betapa besarnya kontribusi ulama nusantara dengan berbagai fokus gerakan dan model transformasi yang ditawarkan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Peran mereka perlu dihargai sebagai pahlawan, sehingga konsep kepahlawanan perlu ditinjau kembali bukan sekedar perjuangan dimensi fisik (keterlibatan perang) yang berorientasi hight tech, tetapi juga perjuangan pembangunan jiwa yang berbasis hight touch.
  4. Perlunya dukungan mediatization warisan Nabi, auliya dan ulama dengan pendekatan yang selaras dengan kebutuhan native digital dengan berbagai platform terkini (blended learning)  dalam mengahadapi perubahan besar (great disruption).
  5. Perlu gerakan revitalisasi kahazanah manuskrip, kerarsipan, kepustakaan dan museum sebagai media pembelajaran kebudayaan bangsa untuk penguatan identitas bangsa yang berkarakter dalam menghadapi benturan nilai, ideologi transnasional menyongsong Indonesia emas 2045

Selain lima rekomendasi itu, Rektor IAIN Kudus, Prof Dr H Abdurrohman Kasdi, berharap IDEALS bisa menjadi acara yang rutin digelar setiap tahun. “Ini penting untuk menjalin berbagai lembaga/ institusi nasional maupun internasional, guna menyerap dinamika perkembangan teknologi informasi di perpustakaan maupun museum di berbagai daerah maupun Negara tetangga,” katanya. (ros, mail/ rid, adb)

 

 

 

 

 

Comments