H. Sarmanto: Rawat Amanat Menjaga NKRI

0
265

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Sumpah Pemuda sebenarnya tidak sekadar cukup untuk diperingati setiap tahun. Namun lenih dari itu, mestinya Sumpah Pemuda mestinya menjadi momentuh untuk melakukan refleksi diri bagi rakyat di seluruh Indonesia, khususnya pemuda.

Ketua Umum Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda (GP). Ansor Kudus, H. Sarmanto, Sabtu (28/10/2017). ‘’Sumpah Pemuda momentum untuk berefleksi diri, khususnya bagi para pemuda, terkait berbagai hal dalam wadah ke-Indonesiaan,’’ katanya.

Hal demikian, menurutnya, karena ada amanat yang tersirat dalam Sumpah Pemuda, yang kemudian mendorong lahirnya Indonesia merdeka. ‘’Dengan kata lain, pemuda mendapat amanat untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini,’’ katanya.

Untuk itu, selain peringatan Sumpah Pemuda yang menjadi tradisi rutin tahunan, makna untuk menjaga amanat ini juga mesti disadari oleh rakyat, khususnya pemuda, di seluruh negeri ini.

‘’Jika para tokoh pemuda yang telah melahirkan Sumpah Pemuda waktu telah menorehkan sejarah emas dengan lahirnya Indonesia merdeka, maka tugas pemuda saat ini adalah mengambil peran dalam menjaga kemerdekaan yang telah diraih,’’ tuturnya. (gie/ ros)

Comments