Gus Imiek: Haul Massal Sambungkan Lahir Batin dengan Masyayikh

0
1469
KH Muhammad Muhtadil ‘Ilmi (Gus Imiek) dari Purworejo menyampaikan tausiyah

BOYOLALI, Suaranahdliyin.com – Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Karanggede, Boyolali menggelar pengajian akbar dalam rangka Haul Massal ke-34 di Gazebo KH Thohir Sendang, Ahad (19/2/2024) lalu.

Haul Massal dibuka zikir dan tahlil untuk mendoakan masyayikh NU, arwah warga Karanggede, serta kaum muslimin semua. Dilanjutkan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya serta Mars Subhanul Wathan sebagai simbol cinta tanah air.

KH Muhammad Muhtadil ‘Ilmi (Gus Imiek) dari Purworejo, yang didaulat menyampaikan tausiyah, mengatakan, yang utama dari acara ini adalah mencari rida Allah dan mencari barakah masyayikh. “Acara haul seperti ini menjadi sarana kita untuk menyambungkan lahir dan batin kepada guru kita,” ujarnya.

Dikatakannya, ada musibah yang akan turun kepada masyarakat yang berpaling atau menjauhi ulama. “Allah akan mencabut keberkahan dalam rizkinya, baik dalam bentuk kesempitan atau bentuk kelimpahan yang tidak berkah dan menjadikan dirinya jauh dari Allah,” tambahnya.

Gus Imiek menuturkan, musibah yang akan turun adalah Allah memberikan pemimpin yang zalim, sehingga dengan kezalimannya masyarakat akan dipersulit kehidupannya termasuk dalam menjalankan ketaatan kepada Allah.

Untuk menghadapi itu semua, Gus Imiek mengajak berdoa sebagaimana doa ijazah dari simbahnya yang tersambung sampai Simbah Dalhar Watu Congol:

“Allahumma ubat-ubet, biso nyandang biso ngliwet. Allahumma ubat-ubet, mugo-mugo pinaringan slamet. Allahumma kitra-kitri, sugih bebek sugih meri. Allahumma kitra-kitri, sugih sapi sugih pari.”

Jamaah antusias menghadiri pengajian akbar dalam rangka Haul Massal ke-34 di Gazebo KH Thohir Sendang

Camat Karanggede, Utatik, mengapresiasi terlaksananya Haul Massal MWC NU Karanggede bulan Sya’ban ini. Semoga semua arwah yang sudah didoakan diampuni dosanya, diterima amalnya, dan dimasukan surganya Allah.

“Kami meminta maaf apabila dalam pemerintahan banyak kekurangan dan kesalahan. Saya berharap, acara haul massal seperti ini bisa dilaksanakan setiap tahun,” katanya dalam Haul Massal yang dihadiri pengurus NU dari kecamatan di wilayah Boyolali Utara sebagai ajang silaturahmi dan koordinasi. (bani, Siswanto/ ros, adb)

Comments