Sebanyak 40 Komunitas Literasi di Rembang Ikuti Lokakarya Balai Bahasa Jawa Tengah

0
168
(Dok.Farid/SN)

REMBANG, Suaranahdliyin.com – Balai Bahasa Jawa Tengah mengadakan acara lokakarya bertajuk “Bengkel Komunitas Literasi di Rembang”. Sebanyak 40 komunitas literasi hadir mengikuti kegiatan yang diadakan di Aula SMP N 5 Rembang pada Rabu-Jumat (15-17/05/24) itu.

Ketua Panitia Agus Sudono mengatakan lokakarya ini dilaksanakan sebagai upaya penguatan dan peningkatan skill komunitas literasi yang ada di Kabupaten Rembang. Menurutnya, Kabupaten Rembang memiliki tingkat literasi yang bagus dibanding kabupaten lainnya di Jawa Tengah.

“Itu dibuktikan dari banyaknya komunitas literasi yang hidup dan kami mengapresiasi itu dengan mengadakan kegiatan ini di sini,” katanya.

Pihaknya mendatangkan sembilan narasumber yang berasal dari OPD, akademisi maupun praktisi. Sembilan narasumber itu dibagi untuk menyampaikan materi mengenai tata kelola bahan bacaan, teknik kepenulisan, fungsi literasi dasar, perencanaan program hingga evaluasi program kreatif.

“Kami sengaja undang narasumber dari unsur-unsur yang memang ahli di bidangnya agar mereka bisa menularkan praktik baik yang telah dilakukan selama ini kepada peserta,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Rembang, Roni, mengucapkan terima kasih kepada Balai Bahasa Jawa Tengah. Menurutnya, menjadi suatu kehormatan Kabupaten Rembang bisa dipilih menjadi lokasi pelatihan yang melibatkan para komunitas literasi.

“Pesan kami kepada para komunitas literasi di Rembang agar bisa menyerap semua materi dengan baik untuk kualitas literasi Kabupaten Rembang yang semakin baik lagi kedepannya,” kata Roni.(rid/ros)

Comments