Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim ‘’Ingatkan’’ Tentang Empat Pilar Pergunu

0
732
Pengurus teras PWNU Jawa Tengah dan Pergunu foto bersama

SEMARANG, Suaranahdliyin.com – Pimpinan Wilayah Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PW Pergunu) Jawa Tengah menyelenggarakan Serasehan Kebangsaan dan Training Of Trainer (ToT) Guru Pemersatu Bangsa di Hall UTC Hotel Semarang, Ahad – Senin (8-9/12/2019) kemarin.

Sarasehan diikuti oleh anggota Pergunu, dilanjutkan dengan ToT Guru Pemersatu Bangsa yang mengulas materi-materi untuk meningkatkan profesionalitas guru NU, yang outputnya adalah modul Guru Pemersatu Bangsa.

Ketua PW Pergunu Jawa Tengah, HM. Faojin, mengaku bangga karena dia bersama jajarannya diberi kepercayaan menyelenggarakan event yang cukup monumental dan penting ini. ‘’Kegiatan ini sangat penting, sehingga tidak mungkin terlaksana tanpa bantuan banyak pihak,’’ ujarnya yang juga menjabat Pengawas PAI SMA Kota Semarang dalam sambutannya.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Pergunu, Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim MA, mengemukakan, majunya Indonesia tergantung pendidikan yang tertuang dalam empat pilar Pergunu. Yaitu Pergunu harus mampu melahirkan ulama besar; Melahirkan pemimpin dunia bangsa yang menegakan keadilan; Melahirkan konglomerat yang luman (dermawan) untuk mewujudkan kesejahteraan; Dan melahirkan para profesional yang berkualitas dan bertanggung jawab.

“Mengingat kemajuan zaman yang kian cepat, maka Pergunu harus mampu memberikan terobosan-terobosan, agar mampu bersaing dan siap melahirkan generasi yang siap menghadapi tantangan zaman. Untuk mewujudkan itu semua, perlu membekali peserta didik dengan akhlakul karimah, dikenalkan pentingnya memuliakan yang sepuh dan tanggung jawab,” katanya.

Pengurus Pergunu berserta peserta sarasehan foto bersama usai acara

Dalam sarasehan yang juga dihadiri Kasubdit Ma’had Aly Direktorat Pontren dan Diniyah Kemenag RI, Dr. Aceng Abdul Azis M.Pd dan Ketua PWNU Jawa Tengah, KH. Muzamil, dia menambahkan, bahwa Pergunu harus mampu menjadi teladan melalui sekolah dan madrasah di tengah-tengah masyarakat yang kini banyak terpapar paham radikal.

‘’Para guru dalam wadah Pergunu, mesti mengambil peran maksimal sebagai pemersatu bangsa, serta berperan menyatukan tanah air Indonesia dengan penuh kedamaian,’’ tegasnya dalam acara yang dihadiri pengurus Pergunu dari tingkat pusat, PW Pergunu DKI Jakarta, PW Pergunu Jawa Barat, PW Pergunu Jawa Timur, PW Pergunu Lampung dan anggota Pergunu Jawa Tengah. (ulum, masykuri/ adb, ros, rid)

Comments