Bertepatan Haul di Jombang,  Ansor Kota Ziarah Makam Gus Dur dan Wali Jatim

0
602
Rombongan Ansor-Banser Kota sedang foto bersama sebelum berangkat ziarah ke makam wali Jawa Timur dan Gus Dur

KUDUS,Suaranahdliyin.com  – Setelah sukses melaksanakan sarasehan Sewindu kangen KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur),  Pimpinan Anak Cabang GP Ansor Kecamatan Kota Kudus mengadakan ziarah ke makam Wali Jawa timur dan presiden RI Keempat. Dengan mengendarai satu bus, rombongan yang terdiri pengurus dan kader Ansor-Banser berangkat pada Rabu sore (27/12/2017).

Ketua PAC GP Ansor Kota Muhammad Fatchul Munif mengatakan kegiatan ziarah merupakan rangkaian kegiatan peringatan sewindu haul KH Abdurrahman Wahid. Tujuannya,mengharap barokahnya dari para wali di Jawa Timur dan Guru Bangsa Gus Dur.

“Kita ngudi barokah para wali dan Gus Dur serta mempererat persaudaraan dan kekompakan Ansor Kota,”ujarnya kepada Suaranahdliyin.com, Rabu (27/12/2017).

Dijelaskan, beberapa makam wali yang akan diziarahi anata lain Sunan Bonang, Sunan Drajat, Sunan Ampel, Syekh Asmoroqondi dan makam Gus Dur di Tebuireng Jombang. Selasa (26/12) kemarin, diawali ziarah ke makam sunan Kudus dan Pendiri NU KHR. Asnawi.

“Kita mengambil momen bertepatan peringatan Haul Gus Dur yang diadakan di pesantren Tebuireng Jum’at (28/12/2017) lusa,”terang Munif.

Disamping ziarah, imbuh Munif, rombongan Ansor akan bersilaturahim kepada dr. Zulfikar As’ad Asumta (Gus Ufiq) yang juga putra kyai As’ad di Pondok Darul Ulum Peterongan. Gus Ufiq adalah ketua Asosiasi Rumah Sakit Nahdlatul Ulama (ARSINU) dan wakil ketua Lembaga Kesehatan PBNU.

Sementara itu, peringatan haul sewindu Gus Dur yang  dilaksanakan keluarga besar pesantrenTebuireng bakal dilaksanakan hari Kamis (28/12/2017). Rangkaian acaranya, Khotmil Qur’an berlangsung Kamis pagi hari, kemudian malam harinya dilanjutkan acara Tahlil Akbar dan Pengajian Umum dengan pembicara Prof. Dr. H. Mohammad Mahfud MD, H. Tosari wijaya dan Ketua PP. Muslimat  Hj Khofifah Indra Parawansa.(adb)

Comments