Tim Falakiyah Ma’had Aly TBS Lakukan Pengukuran Arah Kiblat di Desa Wotan

0
394
Pengukuran arah kiblat di Wotan oleh Tim Falakiyah Ma’had Aly TBS Kudus

PATI, Suaranahdliyin.com – Belum lama ini, tim falakiyah dari Ma’had Aly TBS (Tasywiquth Thullab Salafiyah) Kudus, melakukan pengukuran arah kiblat di RT 03 RW X Dukuh Jongso, Desa Wotan, Kecamatan Sukolilo.

Tim yang terdiri atas Kiai Azhar Lathif Nashiran, K Noor Aflah MH dan K Ahmad Syaifuddin SHI itu, melakukan penguruhan arah kiblat di lokasi yang akan dibangun musala Darussalam oleh Masyarakat setempat.

K Noor Aflah, mengutarakan, bahwa pihak Ma’had Aly TBS Kudus dengan takhasus Ilmu Falak, memang kerap membantu Masyarakat untuk pengukuran arah kiblat, khususnya di bakal lokasi yang akan dibangun musala atau masjid.

“Ini adalah bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya dalam hal pengabdian kepada masyarakat,” ujar muhadlir Ma’had Aly TBS Kudus tersebut.

Dia menambahkan, selain melakukan pengukuran arah kiblat, pihak Ma’had Aly TBS Kudus juga rutin melakukan kegiatan lain, mulai dari rukyat jelang awal bulan hijriyah, pengamatan purnama, maupun pengamatan gerhana (bulan/ matahari).

Foto bersama usai pengukurah arah kiblat

“Dan tak lupa, tentu rukyat awal bulan-bulan penting seperti menjelang awal Ramadan, menjelang awal Syawal dan menyongsong awal Zulhijjah. Rukyat menyongsong awal Zulhijjah ini penting, karena kaitannya dengan Iduladha,” jelasnya. (ros/ rid, adb, mail)

Comments