Rakor Bulanan Jadi Cara UPZISNU Colo Pantau Kinerja

0
219
Rakor Bulanan UPZSINU Colo yang dihadiri pengurus NU CARE-LAZISNU Kudus Sugiyono (kanan)

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Unit Pengelola Zakat Infaq Sedekah Nahdlatul Ulama (UPZISNU) ranting Colo kecamatan Dawe menggunakan cara sederhana untuk memantau kinerja pengurusnya. Yaitu cukup dengan rapat koordinasi (rakor) yang digelar secara rutin setiap satu bulan sekali.

Ketua UPZISNU Colo Sumadi menilai rakor bulanan itu terbilang efektif. Rakor bulanan tersebut sekaligus jadi sarana konsolidasi, evaluasi dan pemantauan kerja antar pengurus, petugas fundrising maupun relawan.

“Kami sepakat setiap tanggal 1 awal bulan harus sudah input data infaq, jadi mau tidak mau sebelum itu sudah harus berkumpul,” kata Sumadi.

Sumadi menambahkan, selain pelaporan, rakor bulanan juga mengakomodasi ragam usulan program dan sinkronisasi tupoksi relawan. Tujuannya agar tidak ada tumpang tindih kebijakan maupun miskomunikasi antara sesame pengurus maupun dengan masyarakat.

“Supaya tidak timbul prasangka juga. Karena kita mengelola dana umat jadi harus berhati-hati, akuntabel dan professional,” sebutnya.

Terkait layanan, Sumadi meminta kepada semua pihak agar satu pintu sesuai sistem yang berlaku. Dalam hal ini UPZISNU Colo menjalin kerjasama dengan para relawan dalam tingkatan RT dan RW. Utamanya, tentu saja para pengurus badan otonom ranting Colo.

“Yang sudah rutin ada pembagian paket sembako kepada keluarga kurang mampu, lima paket per RT se-Desa Colo. Sekarang juga sedang mengupayakan pengadaan mobil layanan kesehatan,” jelasnya.

Ia selalu menekankan kepada relawan dan tim untuk selalu menjalin komunikasi. Yang tidak kalah pentingnya yakni setiap pengurus maupun relawan tidak boleh menunda pekerjaan. “Kalau terpaksa tidak bisa harus komunikasi supaya digantikan orang lain, jangan ditunda apalagi ditolak,” tandasnya.(gie/rid)

Comments