Kemendikbud RI : Jangan Khawatir Teknologi Akan Gantikan Peran Guru

0
455
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) M. Hasan Chabibie, Psikolog dan dosen IAIN Kudus Farida dan Ketua PC Fatayat NU Kudus Nik Hayati

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Kepala Bidang PTP berbasis MM dan Web Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI), M. Hasan Chabibie menyebut teknologi secanggih apapun tidak perlu dikhawatirkan dapat menggantikan peran guru.

Menurutnya, pendidikan akan selalu butuh sentuhan manusia agar juga tercipta generasi unggul yang mengerti nilai kemanusiaan.

“Jangan khawatir peran guru akan digantikan teknologi robot. Pendidikan tetap akan butuh guru asli untuk menularkan nilai kemanusiaan,” ujarnya dalam Talkshow Digital Parenting di Aula Mubarokfood Cipta Delicia, Selasa (24/12/19).

Pada kesempatan itu, ia juga menjelaskan digital parenting bukan berarti mengganti peran orang tua atau guru dalam mendidik anak. Melainkan sebuah konsep agar orang tua maupun anak bisa sama-sama sadar peran sehingga tidak terpapar dampak negatif teknologi.

“Digital Parenting maksudnya yakni orang tua atau guru bisa memahami pola hidup anak-anak modern supaya bisa mendampingi mereka sehingga tidak terpapar dampak teknologi informasi,” kata Hasan.

Senada dengan Hasan, psikolog dan dosen IAIN Kudus Farida, menjelaskan konsep digital parenting dalam pandangan psikologi. Menurut Farida seperti apapun canggihnya zaman kita harus sadar bahwa kita adalah manusia.

“Untuk itu, peran pendidikan tetap harus dilakukan secara manusiawi. Diantaranya harus ada sentuhan biologis, supaya bisa ada hubungan dari hati ke hati,” kata Farida.

Farida menjelaskan, terpaparnya anak dengan HP atau gadget mayoritas juga disebabkan oleh orangtuanya sendiri. Dengan alasan supaya tidak menangis misalnya, orang tua terkadang rela membiarkan anak-anak berlama-lama dengan gadget.

“Akibatnya tidak lagi ada kehangatan hubungan antara anak dan orang tua. Yang hangat justru HP-nya,” papar Farida. (rid, gie, luh/ adb, ros)

Comments