Guru Diminta Tingkatkan Kompetensi di Era Merdeka

0
345
Pembinaan kepala MTs di bawah LP Ma’arif di Kabupaten Wonosobo

WONOSOBO, Suaranahdliyin.com – Para kepala Madrasah Tsanawiyah (MTs.) yang tergabung dalam Kelompok Kerja Kepala Madrasah (KKKM) LP. Ma’arif mengikuti pembinaan yang dilangsungkan di Resto Ongklok, Jalan Dieng, Kabupaten Wonosobo, Kamis (12/3/2020).

Pembinaan antara lain dihadiri Drs. H. Muhammad Thobiq MS.I (kepala Kementerian Agama Wonosobo), KH. DR. Abdul Majid M.Pd (ketua LP. Ma’arif Wonosobo), dan juga pengawas di lingkungan kantor Kementerian Agama di kabupaten setempat.

Dr. Abdul Majid, menyampaikan, bahwa pada 2020 ini, MTs. di bawah bendera LP Ma’arif Kabupaten Wonosobo mayoritas sudah bisa melaksanakan UAMBNBK dan UNBK secara mandiri.

‘’MTs di bawah LP Ma’arif ada yang siswanya banyak, ada yang sedikit. MTs yang siswanya masih sedikit, jangan minder. Mari melalui wadah KKKM ini, kita bergandeng tangan untuk memajukan madrasah kita masing-masing,’’ katanya.

Dia juga berpesan, agar para kepala madrasah di era digital ini, memiliki empat kompetensi yang disimpulkan dalam ‘’4C’’. ‘’4 C itu adalah critical thinking (fathonah/ cerdas), creative, communication (komunikasi) yang baik dan collaboration,’’ ujarnya.

Sedang Drs. H. Muhamad Thobiq, kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo, mengingatkan pentingnya pembentukan karakter dasar. “Di era merdeka, belajar guru harus meningkatkan kompetensinya. Jadilah guru yang baik atau tidak jadi guru sama sekali,’’ tegasnya. (hamim/ ibd, ros, adb)

Comments