FKUB Wonosobo Tegas Dukung Mbah Kholil Bangkalan sebagai Pahlawan Nasional

0
135
Dr H Zaenal Sukawi MA, ketua FKUB Kabupaten Wonosobo

WONOSOBO, Suaranahdliyin.com – Terkait pengusulan Syaikhona Kholil Bangkalan (Mbah Kholill) supaya mendapatkan anugerah Pahlawan Nasional, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Wonosobo pun menegaskan dukungannya.

Dr H Zaenal Sukawi MA, ketua FKUB Kabupaten Wonosobo menegaskan hal itu kepada Suaranahdliyin.com, baru – baru ini. “Kami mendukung penuh dan sangat setuju Mbah Kholil Bangkalan sebagai Pahlawan Nasional,” ujarnya.

Menurut Ketua FKUB yang juga Wakil Rektor I Universitas Sains Al-Qur’an (Unsiq) Jawa Tengah di Wonosobo tersebut, Mbah Kholil (Al-‘alimal-Allamah asy-Syaikh Haji Muhammad Kholil bin Abdul Lathif Basyaiban al-Bangkalani al-Jawi asy-Syafi’i), merupakan guru KH Hasyim Asy’ari, pendiri Nahdhatul Ulama (NU).

“Itu berarti, Mbah Kholil Bangkalan adalah guru kita semua, sekaligus guru bangsa Indonesia. Secara geneologis, Mbah Kholil Bangkalan juga keturunan dari salah satu anggota Walisongo, yakni Sunan Gunung Jati. Mbah Kholil Bangkalan memiliki garis (sanad) keilmuan sampai Rasulullah melalui Syaikh Nawawi Al-Bantani,” terangnya.

Maka dari itu, lanjutnya, menganugerahi Mbah Kholil Bangkalan sebagai Pahlawan Nasional, berarti pula menjaga keberlangsungan ilmu dan ajarannya kepada generasi dan anak bangsa Indonesia.

“Kedalaman dan corak keilmuan Mbah Kholil Bangkalan yang tasammuh, tawazun, tawasuth dan ta’addalah, bisa menginspirasi dan menjadikan Indonesia semakin maju dengan moderasi beragama dan kebhinnekaan yang ada,” tuturnya. (ros/ adb, rid)

Comments