Dari Tebo, Jambi, Dukungan KH R Asnawi sebagai Pahlawan Nasional Dilayangkan

0
839
                     Karyati Inayah/ Foto: dokumentasi pribadi

KABUPATEN TEBO, Suaranahdliyin.com – Dari hari ke hari, dukungan terhadap pengusulan KH R Asnawi sebagai Pahlawan Nasional, semakin berdatangan.

Tak hanya dari Jawa, dukungan pengusulan gelar Pahlawan Nasional untuk ulama kharismatik asal Kabupaten Kudus tersebut, kini dilayangkan oleh aktivis Fatayat Cabang Tebo, Provinsi Jambi.

Adalah Karyati Inayah, sekretaris Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Kabupaten Tebo, yang melayangkan dukungan penganugerahan gelar Pahlawan Nasional bagi KH R Asnawi yang akrab dikenal dengan Mbah Asnawi itu.

“Saya sangat setuju dan mendukung usulan Mbah Asnawi sebagai Pahlawan Nasional,” tegas Karyati Inayah kepada Suaranahdliyin.com.

Dukungan Karyati Inayah yang kini menjabat sebagai kepala SMK Raudhatul Mujawwidin Desa Tirta Kencana, Kecamatan Rimbo Bujang, Kabupaten Tebo ini bukan tanpa alasan.

“Melihat kiprah Mbah Asnawi di organisasi terbesar di Indonesia (NU), maka itu sebagai penanta betapa posisi Mbah Asnawi sangatlah penting. Dan tentu ini didukung fakta sejarah, Mbah Asnawi juga salah satu tokoh di balik berdirinya Nahdlatul Ulama (NU), yakni ikut sebagai salah satu pendiri dan juga penggerak NU,” ungkapnya.

Selain itu, perjuangannya dalam dakwah Islam dan menyebarkan ilmu agama, juga sangat penting dalam konteks nasional.

“Karya terpenting beliau (Mbah Asnawi) adalah Kitab Fasholatan yang sangat mashur dan menjadi pegangan penting dalam pembelajaran bago santri madrasah dan pesantren,” tuturnya. (adb, ros)

 

Comments