Cegah DBD, Tim KKN UPGRIS, Warga dan ‘Relawan’ PSN Bersih Kampung

0
370
Aksi bersih kampung oleh Tim KKN UPGRIS, warga dan relawan PSN

JEPARA, Suaranahdliyin.com – Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) di Desa Krapyak, Kecamatan Tahunan, menyelenggarakan bersih-bersih kampung, Rabu (22/01/2020) lalu. Kegiatan sosial itu dilangsungkan bekerja sama dengan Puskesmas desa dan pemerintah kecamatan.

Reno Septia Budi Laksono, Wakil Ketua Koordinator Tim KKN di Desa Krapyak, mengutarakan, kegiatan digelar untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk dengue. “Tahun lalu ada kasus hingga ada korban meninggal dunia. Belajar dari tahun sebelumnya, maka ada upaya pencegahan dini yang kita lakukan,’’ terangnya.

Bersih-bersih kampung yang dilaksanakan, antara lain meliputi penyisiran selokan, menutup tong penampung air, membersihkan ember-ember bekas sampai membuang botol-botol bekas yang tidak dipakai.

“Semua kita bersihkan, agar tidak dijadikan sarang nyamuk dengue. Sebab, nyamuk dengue dapat berkembang biak dari lingkungan dengan genangan-genagan air kecil di lingkungan rumah,” terangnya Reno.

Widiyastuti, Kepala Koordinator Aksi Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), mengatakan, bahwa kegiatan ini dilakukan secara serentak di wilayah Kecamatan Tahunan. Anggota aksi PSN meliputi petugas Puskesmas, petugas kecamatan, petugas desa dan beberapa teman-teman KKN yang tahun ini bertugas di Kecamatan Tahunan.

“Kami sangat mendukung kegiatan bersih-bersih kampung ini. Bersyukur sekali, ada bantuan tenaga dari teman-teman KKN UPGRIS yang membantu kegatan sosial ini,” ungkapnya dalam rilis yang diterima Suaranahdliyin.com, kemarin. ‘’Bersih kampung dilakukan dari pukul 07.30 hingga 11.00 WIB,’’ lanjutnya menambahkan. (rls/ mail, adb, ros)

Comments