Bertepatan Harlah NU, Haul Sunan Prawoto Diperingati

0
541
Seorang warga tengah ziarah di makam Sunan Prawoto

PATI,Suaranahdliyin.com  – Bertepatan dengan hari lahir Nahdlatul Ulama 16 Rajab, puncak peringatan Haul ke-44 Sunan Prawoto diselenggarakan di area makam Sunan Prawoto dukuh Brentolo/Sewu Negaran desa Prawoto kecamtan Sukolilo kabupaten Pati. Jum’at (17/2/2022) lalu

Menurut informasi panitia haul, Nugraha, serangkaian haul dimulai sejak sepekan sebelumnya, Jum’at (10/02/2022). Diawali dengan ziarah bersama oleh pengurus, tokoh agama, dan jajaran pemerintah desa Prawoto.

“Dilanjutkan dengan pembacaan istighotsah, mudarosah, berzanji, mukoddaman, manaqib dan tawasulan, buka luwur pada hari-hari berikutnya dan ditutup dengan khotmil Quran pada puncak perayaan haul.”terangnya.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelum pandemi Covid-19, haul kali ini tidak diadakan kirab luwur dan pawai parade budaya. “Haul diperingati secara sederhana dan hanya dihadiri masyarakat setempat untuk mencegah penularan virus corana.”jelas Nugraha

Diterangkan, KPH. Raden Bagus Hadi Mukmin atau yang masyur dengan nama Sunan Prawoto merupakan putra pertama dari Sultan Trenggana (raja ke-3 Kesultanan Demak) sekaligus kakak dari Ratu Kalinyamat.

“Haul Sunan Prawoto diselenggarakan setiap tahunnya pada 16 Rajab yang pertama kali diadakan pada tahun 1978 silam atau 16 Rajab 1399 H.”imbuh Nugraha (adb/ros)

Comments