Bagana Bersama Forkopimcam Dawe Giat Bersih Sungai Piji

0
199

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Banser Tanggap Bencana (Bagana) bersama forum koordinasi pimpinan kecamatan Dawe melaksanakan giat kebersihan Sungai Piji. Kegiatan yang diikuti oleh puluhan peserta itu dilaksanakan di titik area Pasar Piji, Kecamatan Dawe, Jumat (19/11/21).

Kepala Sekretariat Markas (Kasetma) Banser Dawe M. Choirul Wafa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka antisipasi musim hujan dan ancaman banjir. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan bisa menggugah kesadaran warga sekitar supaya lebih peka terhadap kondisi sungai.

“Membuat kesadaran warga untuk menjaga sungai, tidak membuang sampah sembarangan di sungai sehingga merugikan banyak orang,” ujar Wafa.

Selama kegiatan bersih sungai tersebut, dirinya bersama tim mengaku telah mengumpulkan sampah sebanyak sepuluh truk dump. Kebanyakan sampah rumah tangga dan pepohonan. Tentu saja hal itu menjadi keprihatinan tersendiri mengingat lokasinya yang termasuk perwajahan dan berada di jalur utama Jl. Kudus-Colo.

“Semoga kegiatan semacam ini akan terus dilakukan dan tidak hanya oleh Bagana ataupun Forkopimcam, tapi juga seluruh lapisan masyarakat di manapun ia berada,” sebutnya.

Sementara, Ketua PAC Ansor Dawe Khoerul Rozikhin menambahkan Sungai Piji termasuk salah satu sungai besar yang sering menjadi penyebab banjir. Ini perlu perhatian khusus, utamanya oleh masyarakat dan pemerintah desa yang dilewati oleh sungai ini.

“Kerugian mungkin tidak begitu dirasakan oleh warga yang berada di hulu sungai. Di bagian hilir, sampah dari hulu ini menumpuk luar biasa sehingga daerah seperti Ngembal, Mejobo dan sekitarnya itu sering jadi korban banjir dari Sungai Piji ini,” katanya.

Persoalan sampah, imbuh dia, perlu ulur tangan dan kepedulian kita semua dengan masing-masing peran. Perlu kebijakan tegas dari pemerintah, pembiasaan baik di lingkup warga, serta fatwa pendukung dari para ulama agar masyarakat mau diarahkan untuk mengelola sampahnya sendiri.

“Ansor mungkin akan mendorong kajian dan pembahasan soal itu sebagai jihad kita untuk lingkungan sekitar kita,” tandasnya. (rid, gie/ adb, ros)

Comments