Sambangi Lapas Pati, Dosen FDKI IAIN Kudus Beri Pencerahan Para Napi

0
1015
Dosen IAIN Kudus menyampaikan ceramah di hadapan napi penghuni Lapas Pati

PATI,Suaranahdliyin.com – Dalam rangka Pengabdian kepada Masyarakat (PKM), dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam (FDKI) IAIN Kudus mengunjungi Lapas Pati, Selasa (7/5/2024). Mereka yang terdiri dari Hj. Farida, M.S.I., Hj. Farida Ulyani, M.Pd., dan Moh. Anwar Yasfin, M.Pd., beserta enam mahasiswa memberikan pencerahan, inspirasi dan motivasi kepada para nara pidana (napi).

Dalam acara itu, Moh. Anwar Yasfin, M.Pd., menjelaskan makna hidup bagi narapidana. Ia menyampaikan pentingnya memahami dan mencari makna dalam setiap fase kehidupan, termasuk di dalamnya adalah proses pemulihan dan rehabilitasi bagi narapidana.

“Kami berharap para napi untuk merenungkan arti hidup serta memperbaiki diri selama menjalani masa hukumannya,”ujarnya.

Selain itu, dua dosen lainnya, Hj. Farida, M.S.I., dan Hj. Farida Ulyani, M.Pd., membuka sesi konseling khusus bagi narapidana perempuan. Konseling ini bertujuan untuk memberikan dukungan psikologis dan pembinaan kepada narapidana perempuan agar dapat mengatasi berbagai masalah yang dihadapi selama masa tahanan.

“Tujuan lainnya untuk memberikan wawasan tentang bagaimana membangun kembali kepercayaan diri dan mempersiapkan diri untuk reintegrasi ke dalam masyarakat setelah masa kurungan.”terang Farida.

Hj. Farida, M.S.I. menuturkan bimbingan sosial dan konseling kepada narapidana, terutama perempuan, adalah salah satu bentuk kontribusi dalam memberikan kesempatan kedua bagi napi. ‘Harapannya, napi bisa memperbaiki diri dan memulai kehidupan baru setelah keluar dari penjara.”imbuhnya.

Dosen dan mahasiswa IAIN ramah tamah dengan petugas Lapas Pati

Pengabdian Kepada Masyarakat di Lapas Pati, lanjut Farida, ini merupakan salah satu bentuk komitmen dari FDKI IAIN Kudus dalam memberikan kontribusi positif kepada masyarakat, khususnya kepada mereka yang berada dalam situasi kurang beruntung.

“Melalui kegiatan ini supaya dapat tercipta dampak yang signifikan dalam proses rehabilitasi dan pemulihan para napi.di Lapas Pati serta memberikan nilai-nilai kemanusiaan yang lebih mendalam bagi semua pihak yang terlibat,”harapnya.

Kegiatan ini mendapat sambutan hangat dari pihak Lapas Pati serta mendapatkan apresiasi yang tinggi dari narapidana yang mengikuti kegiatan tersebut.(rls/adb)

Comments