Pra Diklatsus, Ansor Brebes Lakukan Penyaringan Ratusan Anggota Banser

0
1141
Ratusan Banser menjalani screening sebelum mengikuti Diklatsus Banser Brebes

BREBES, Suaranahdliyin.com –  Menjelang pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Khusus (Diklatsus), Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda Ansor Brebes melakukan penyaringan (screening) terhadap ratusan anggota Banser, Rabu (11/01/23). Para anggota yang bakal menjadi peserta Diklatsus ini terdiri dari Banser Tanggap Bencana (BAGANA) dan Banser Husada (Basada).

Kepala Satkorcab Banser Brebes Subkhan.mengatakan screening Diklatsus Bagana dan Basada ini bertujuan untuk meningkatkan kader aktif bermasyarakat, melatih skill atau kemampuan Anggota Banser. Disamping itu pula, untuk meningkatkan kapasitas diri dalam bidang kesehatan dan medis serta tanggap bencana.

“Kami tekankan semua anggota Banser ini hanya semata-mata menjadi relawan tangguh demi sebuah wujud berkhidmat kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Nahdlatul Ulama (NU),”ujarnya dalam acara yang bertempat di Aula Masjid Jami’ Baitul Muttaqin Kedawon Larangan Brebes.

Ia menerangkan Diklatsus Banser Satkorcab Brebes rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 20-21-22 Januari 2023 mendatang di SMK NU 03 Larangan.

“Hingga kini jumlah calon peserta yang telah mendaftar sejumlah 225 peserta yang berasal dari 17 kecamatan se-kabupaten Brebes serta dari luar cabang, Misalnya Kabupaten Cilacap, Kabupaten Tegal, dan beberapa daerah lainnya.”terangnya

Ketua PC GP Ansor Brebes Ahmad Musip memberikan pengarahan dalam acara screening Banser

Ketua PC GP Ansor Brebes, Ahmad Munsip mengatakan diklatsus ini menjadi tempat pendidikan bagi kader-kader Barisan Ansor Serba Guna (Banser) yang akan digabungkan menjadi satu unit khusus.Hal ini sebagai bekal untuk khidmat di tengah-tengah masyarakat.

“Jika terjadi bencana alam serta tragedi kemanusiaan, maka Banser yang telah mengikuti Diklatsus ini dapat dengan sigap ikut andil dalam pertolongan ketika hal itu terjadi dilapangan,”ucapnya.

Ahmad Munsip mengharapkan Bagana dan Basada dapat menjadi garda terdepan untuk membantu masyarakat terhadap kejadian bencana alam di wilayah Kabupaten Brebes khususnya, mulai dari penanggulangan, pada saat kejadian, maupun pada saat pasca kejadian.

“Bagi peserta yang nantinya dinyatakan lolos harus bersungguh-sungguh dalam mengikuti pelatihan,”harapnya.

Ia menegaskan momentum diklatsus ini cukup langka yang pelaksanaanya tidak mesti dalam satu tahun. Prosesnya melalui beberapa tahapan denagn mempertimbangkan hasil rekomendasi dari pimpinan wilayah.

“Melalui DIklatsus, anggota Banser nantinya akan mendapatkan pengetahuan ilmu baru serta harus lebih siap maksimalkan diri berkhidmah  di masyarakat.”pesan Ahmad Munsip.(a’isy hanif firdaus/adb)

 

Comments