Warga Tionghoa Apresiasi Positif Jalinan Silaturahmi yang Dibangun Pj Bupati Kudus
Pj Bupati Selipkan Permohonan Dukungan Pengusulan Gelar Pahlawan Nasional KH R Asnawi

0
521
Berdialog dengan tokoh Tionghoa di Kudus

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Dr M Hasan Chabibie, Pj Bupati Kudus menyampaikan ucapan selamat untuk teman-teman Tionghoa se-Indonesia, khususnya di Kabupaten Kudus, yang berproses merayakan Imlek.

Pj Bupati Kudus itu mengaku, bahwa dirinya banyak belajar dari sosok KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang menguatkan toleransi, serta bersaudara dengan warga Tionghoa.

“Selamat kepada warga Tionghoa Kudus, yang sedang merayakan Imlek. Saya senang datang ke Klenteng untuk merajut silaturahmi dan persaudaraan dengan warga Tionghoa di Kudus,” ujarnya, Rabu (7/02/2024) kemarin.

Dia pun menegaskan komitmennya untuk terus mendukung warga minoritas di Kudus. “Warga Tionghoa ini persaudaraannya sangat kuat. Kami sangat menghargai apa yang menjadi konsens warga Tionghoa di Kudus. Juga, jaringannya sangat kuat, baik dalam keluarga mupun jaringan bisnis,” tuturnya.

Lebih lanjut Hasan Chabibie mengemukakan, bahwa dia juga banyak belajar dari nilai-nilai toleransi yang internalisasikan oleh Kanjeng Sunan Kudus, tentang bagaimana merawat hubungan dengan berbagai kelompok.

“Kudus ini kota tolernsi. Ada Kanjeng Sunan Kudus yang ajarannya luar biasa, tenggang rasa yang kokoh. Juga keberadaan tokoh lain seperti Kiai Telingsing, serta beberapa tokoh Tionghoa yang ada Kudus. Ini kota yang luar biasa, sudah seharusnya kita meneruskan ajaran baik ini,” ungkapnya.

Pada kesempatan silaturahmi dengan warga Tionghoa itu, Hasan Chabibie juga meminta dukungan dari warga Tionghoa di Kudus, terkait pengusulan penganugerahan gelar Pahlawan kepada kepada KH Raden Asnawi.

Sementara itu, sebelumnya, Selasa (6/2/2024), Hasan Chabibie juga berkunjung ke Kleteng Hok Hien Bio di Jl Ahmad Yani, Kudus. Dia diterima oleh Ketua PSMTI Kudus, Agustinus Hariyanto Santoso, beserta Pengurus PSMTI, Ketua Yayasan Klenteng Hok Hien Bio, Lina Candra, pengurus FKUB Kudus, Goei Tjwan Gie, serta beberapa warga Tionghoa lain.

Foto bersama usai silaturahmi

Agustinus Hariyanto Santoso, mengapresiasi Pj Bupati Kudus yang berkenan mengunjungi Klenteng Hok Hien Bio dan menjalin silaturahmi dengan warga Tionghoa. “Pak Pj Bupati ini berkenan mengunjungi kami, sambil jagong, berdialog dengan warga, serta menikmati cemilan bersama. Kami sangat menghargai dan merasa sangat diperhatikan,” katanya.

etua Yayasan Klenteng Hok Hien Bio, Lina Candra, pada kesempatan itu juga merasakan hal senada. “Jajaran pengurus Yayasan Klenteng Hok Hien Bio mengapresiasi positif Pj Bupati yang datang berkunjung dan berdialog, mendengarkan beberapa problem sosial yang terjadi di Kudus,” tuturnya yang menyatakan akan mengundang Pj Bupati Kudus untuk hadir dalam perayaan Imlek di Kudus (mail/ ros, rid, adb)

Comments