Pensi SMP 17 Pamerkan Karya Kartunis dari 32 Negara

0
1286

SEMARANG, Suaranahdliyin.com – SMPN 17 Semarang akan menggelar pentas seni (Pensi) dalam rangka penglepasan siswa kelas IX, Sabtu (12/5/2018) mendatang. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Pensi kali ini akan diramaikan dengan pameran kartun internasional.

Pameran kartun internasional ini, terselenggara atas kerja sama dengan Gold Pencil Indonesia dan Union of World Cartoonist (UWC) yang berbasis di Turki.

Pendiri Gold Pencil Indonesia, Jitet Koestana, mengatakan, pameran kartun di SMP N 17 mengangkat tema buku. ‘’Pameran ini serangkaian dengan peringatan hari buku dunia dan digelar di sejumlah negara, antara lain Brasil, Perancis, Yaman, Kosta Rika, Kolombia dan Turki. Ada 52 karya dari 32 negara yang akan dipamerkan,” terangnya.

Kartunis yang berpartisipasi dalam pameran ini, di antaranya dari Indonesia, Rusia, Romania, Kanada, Brasil, Turki,  Italy, Venezuela, Kolombia, Mesir, Lebanon, Indonesia, Uzbekistan, Ukraina, Belgia, Serbia, Afganistan, Spanyol, Portugal, Belarus, Kosovo, Perancis, Maroko, Armenia, Yaman, India, Costa Rika, Chile, China, Belanda,  Azerbaijan dan Belarus.

‘’SMPN 17 dipilih sebagai tempat pameran, karena sekolah ini memiliki program pembinaan menggambar kartun. Selain itu, peserta didiknya juga banyak yang berprestasi di tingkat internasional,’’ Jitet menambahkan.

Ketua panitia pameran, Hannani Trishima Anjani, mengutarakan, ini adalah pameran kartun internasional di SMPN 17 merupakan yang pertama kali digelar. Dia menilai, itu sebagai capaian membanggakan, dan diharapkan bisa memotivasi peserta didik untuk giat berkarya.

“Sebagai ketua panitia Saya merasa bangga. Apalagi ini didukung oleh Presiden UWC Ahmed Altay  dan perwakilan UWC Indonesia, Jitet Koestana,” tutur peserta didik dari kelas IX itu. (rif/ adb, ros)

Comments